Peneliti Ungkap Bagaimana Otak Manusia Bekerja untuk Teknologi AI

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peneliti Ungkap Bagaimana Otak Manusia Bekerja untuk Teknologi AI

SAN DIEGO - Kecerdasan buatan (AI) dapat ditingkatkan jikalau model kerja merupakan otak manusia dan jaringan syaraf tiruan, namun manusia tidak sepenuhnya mengerti bagaimana otak itu akan bekerja.

Sebuah studi baru dari Salk Institue for Biological Studies mengungkapkan, otak memahami dunia dengan mengumpulkan berita dari mata, kemudian memprosesnya melalui jaringan neuron, dari situ otak dapat mengenali benda dan tempat berdasarkan apa yang tersimpan dalam ingatan.

BERITA REKOMENDASI

Studi tersebut juga melihat neuron di bagian otak yang disebut area visual (V2), area ini ialah area utama kedua di korteks visual dan wilayah pertama di dalam bidang visual otak. Area ini mendapatkan koneksi dari thalamus yang berada di korteks visual primer (V1). Area V2 juga mengirimkan koneksi umpan balik yang kuat ke V1.

Memahami bagaimana otak mengenali objek visual itu penting, tidak hanya demi penglihatan tapi juga karena ini memberi jendela bagaimana otak bekerja pada umumnya, kata Profesor Tatyana Sharpee seperti dikutip Digital Journal, Senin (19/6/2017).

Penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications ini juga menciptakan algoritma yang disebut Convolutional Kuadrat untuk menentukan bagaimana proses neuron V2. Hal ini terungkap menjadi proses tiga kali lipat dan menggabungkan semua sisi orientasi yang serupa. Setelah neuron ini mengorientasikan dengan cara berlawanan 90 derajat, ini akan menghasilkan apa yang mereka sebut penekanan orientasi silang.

Akhirnya, dikombinasikan dengan neuron yang sama, otak mengumpulkan berita untuk membuat sebuah adegan. Peneliti berharap bisa digunakan dengan sistem kecerdasan buatan dan machine learning, seperti yang ditemukan di kendaraan otonom.

Peneliti Ungkap Bagaimana Otak Manusia Bekerja untuk Teknologi AI

Comments