Peneliti: Tidak Ada Planet yang Bisa Menyerupai Bumi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peneliti: Tidak Ada Planet yang Bisa Menyerupai Bumi

Peneliti: Tidak Ada Planet yang Bisa Menyerupai Bumi

KEPONEWS.COM - Peneliti: Tidak Ada Planet yang Bisa Menyerupai Bumi CALIFORNIA - Hingga ketika ini para peneliti belum menemukan planet yang menyerupai Bumi, di mana terdapat daratan dan lautan yang seimbang. Peneliti dari Univeristy of Barcelona, Fergus Simpson telah...

CALIFORNIA - Hingga ketika ini para peneliti belum menemukan planet yang menyerupai Bumi, di mana terdapat daratan dan lautan yang seimbang. Peneliti dari Univeristy of Barcelona, Fergus Simpson telah menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa planet cenderung memiliki jumlah air yang signifikan.

Fergus mengelola simulasi komputer untuk menghitung banyak faktor di sebuah planet, seperti siklus air dan erosi yang dalam. Sebagian besar tingkat air menunjukan massa tanah di atas air kurang dari 10 persen, jauh sekali dengan Bumi yang memiliki 29 persen.

BERITA REKOMENDASI

Planet yang memiliki sedikit air lebih terdominasi dengan gurun pasir. Selain itu, ukurannya pun lebih kecil. Planet layak huni biasanya memiliki ukuran yang lebih besar seperti Bumi.

Astrofisikawan Sean Raymond mengatakan, masih ada sejumlah planet yang mungkin dapat memainkan peran penting dalam tingkatan air, dan model terbaru menunjukan bahwa pengiriman air ke planet relatif diandalkan dengan lonjakan lebih sedikit. Namun, teori tersebut harus segera diuji. Instrumen masa depan termasuk James Webb Space Telescope, akan memiliki cukup kekuatan untuk mengukur komposisi atmosfer planet asing.

Tentu itu akan memberi petunjuk mengenai berapa banyak air yang ada di permukaan. Jikalau tidak ada yang lain, penelitian ini merupakan pengingat bahwa kita seharusnya tidak menganggap planet itu ramah untuk manusia, karena terdapat banyak H20. Demikian dikutip dari Engadget, Senin (24/4/2017).

Peneliti: Tidak Ada Planet yang Bisa Menyerupai Bumi

Comments