Peneliti Temukan Virus Corona pada Trenggiling Selundupan, Mirip COVID-19

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peneliti Temukan Virus Corona pada Trenggiling Selundupan, Mirip COVID-19

Peneliti Temukan Virus Corona pada Trenggiling Selundupan, Mirip COVID-19

KEPONEWS.COM - Peneliti Temukan Virus Corona pada Trenggiling Selundupan, Mirip COVID-19 Ilustrasi Trenggiling. (Wikipedia/ Shukran888) Pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona baru SARS-CoV-2 masih jadi perhatian dunia. Namun siapa sangka ada virus serupa yang ditemukan pada treng...

Ilustrasi Trenggiling. (Wikipedia/ Shukran888)

Pandemi COVID-19 yang disebabkan virus corona baru SARS-CoV-2 masih jadi perhatian dunia. Namun siapa sangka ada virus serupa yang ditemukan pada trenggiling.

Menurut laporan terbaru dari peneliti, ditemukan pula virus corona lain yang mirip dengan SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 pada trenggiling yang diselundupan ke China.

Bukti-bukti mengungkapkan bahwa kelelawar mungkin jadi penyebab virus ini, tapi hewan inang lain yang menyebabkan penularan virus Corona COVID-19 ke manusia masih belum diketahui hingga kini.

Dikutip dari WebMD, trenggiling dipertimbangkan sebagai hewan inang penengah, karena menjadi hewan yang paling sering diselundupkan, terutama untuk dimakan dan dijadikan obat di belahan dunia bagian Timur.

Selain itu, trenggiling merupakan satu-satunuya mamalia selain kelelawar yang ditemukan terinfeksi oleh virus corona semacam COVID-19.

Untuk memastikannya, para peneliti menganalisis sampel dari 18 trenggiling Melayu yang ditemukan oleh petugas antiselundup di China bagian Selatan antara Agustus 2017 dan Januari 2018.

Virus corona yang mirip dengan SARS-CoV-2 atau COVID-19 tersebut ditemukan pada lima di antaranya.

Ilustrasi Trenggiling. (Wikipedia/ Verdam Melt)Ilustrasi Trenggiling. (Wikipedia/ Verdam Melt)

Virus corona yang sama juga ditemukan dalam tiga dari 12 trenggiling lainnya yang diciduk di provinsi kedua di China tahun 2018 dan di seekor trenggiling lainnya dari provinsi ketiga.

Derajat kemiripan virus corona antara yang ditemukan di trenggiling dengan virus aslinya tidak cukup untuk dikatakan bahwa trenggiling ialah hewan penengah yang secara tidak langsung terlibat dalam pandemi virus corona.

Walau begitu, penemuan ini mengungkapkan bahwa trenggiling ialah hewan mamalia kedua yang menjadi inang dari virus corona tersebut.

Dan fakta mereka diperjualbelikan di pasar binatang liar seharusnya dilarang untuk mengurangi risiko penularan virus ke manusia di masa mendatang, demikian dilaporkan para peneliti.

Itulah temuan baru peneliti yang mengklaim adanya virus corona lain serupa dengan SARS-CoV-2 penyebab pandemi COVID-19. ( Frieda Isyana Putri).

Comments