Peneliti: Masker Lebih Efektif Cegah Penularaan saat Naik Ojol

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Peneliti: Masker Lebih Efektif Cegah Penularaan saat Naik Ojol

Peneliti: Masker Lebih Efektif Cegah Penularaan saat Naik Ojol

KEPONEWS.COM - Peneliti: Masker Lebih Efektif Cegah Penularaan saat Naik Ojol "Dengan ketaatan masyarakat memakai masker, insha Allah virus bisa ditepis, apakah naik ojek atau taksi atau sedang kumpul dengan orang lain," lanjutnya. Prof Nidom menambahkan, adanya transmisi virus...

"Dengan ketaatan masyarakat memakai masker, insha Allah virus bisa ditepis, apakah naik ojek atau taksi atau sedang kumpul dengan orang lain," lanjutnya.

Prof Nidom menambahkan, adanya transmisi virus melalui udara membuat jaga jarak jadi tidak banyak berpengaruh. Jaga jarak dengan minimal 1 meter diasumsikan penularan melalui droplet. Karena lontaran droplet diperkirakan sejauh 1 meter. Untuk itu ia meminta masyarakat tidak meremehkan virus corona.

"Dengan diketahui penularanya bisa melalui udara, maka jarak berapapun akan bisa dijangkau oleh virus tersebut," ujarnya.

Hal ini juga ditegaskan Peneliti Mikrobiologi Institut Teknologi Sumatera (Itera), Muhammad Asril. Ia mengatakan virus corona tidak bertahan di udara dengan pertukaran udara yang bebas seperti saat mengendarai motor.

"Virusnya itu akan bertahan di udara yang peredaran pertukarannya terbatas. Jikalau kondisinya di ruang terbuka resiko penularan cenderung rendah. Penularan melalui udara yang disampaikan oleh WHO merupakan di dalam ruangan tertutup yang tidak mempunyai sirkulasi udara yang baik," papar Asril.

Alhasil, menurut Asril, memakai layanan ojek online dipastikan aman selama memakai masker. "Driver dan penumpangnya pakai masker pastinya sudah sangat aman untuk mengurangi penyebaran dan kontaminasi ke tubuh".

Sama halnya saat memakai taksi online, Asril menyarankan tetap memakai masker. "Masker is the best solution, AC dimatikan dengan kaca dibuka, seharusnya pertukaran partikel virusnya dengan udara akan bagus, viral load-nya akan berkurang," paparnya.

Peneliti: Masker Lebih Efektif Cegah Penularaan saat Naik Ojol

Comments