Peneliti Kerahkan Robot Anjing untuk Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Peneliti Kerahkan Robot Anjing untuk Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl

Peneliti Kerahkan Robot Anjing untuk Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl

KEPONEWS.COM - Peneliti Kerahkan Robot Anjing untuk Deteksi Radiasi Nuklir di Chernobyl SEBUAH robot anjing bernama Spot baru-baru ini diuji coba di lokasi sisa-sisa radioaktif di Pembangkit Listrik Chernobyl, Ukraina. Spot terlibat dalam pemantauan radioaktif yang dikerahkan para peneli...

SEBUAH robot anjing bernama Spot baru-baru ini diuji coba di lokasi sisa-sisa radioaktif di Pembangkit Listrik Chernobyl, Ukraina. Spot terlibat dalam pemantauan radioaktif yang dikerahkan para peneliti ke daerah sekitar Zona Terlarang Chernobyl. Demikian laporan situs gosip Ukraina Ukrinform.

Dikutip dari IFL Science, Kamis (29/10/2020), Spot disertai drone yang dibantu sensor radiasi untuk dapat mengidentifikasi titik api. Benda ini juga menjelajahi area yang luas untuk memberikan gambar 3D dan peta distribusi radionuklida. Misinya termasuk menjelajahi Hutan Merah, mengambil gambar, dan mengidentifikasi area berbahaya.

Remaja Ini Pecahkan Rekor sebagai Fisikawan Termuda Pembuat Reaktor Fusi Nuklir

Area ini mencakup luas hingga 10 kilometer persegi yang mengelilingi Pembangkit Listrik Chernobyl. Hutan Merah menjadi salah satu area yang paling terkontaminasi di dunia setelah pohon pinus menyerap radiasi tingkat tinggi selama kecelakaan nuklir yang terjadi pada reaktor nomor 4 Chernobyl pada 1986.

Spot bisa melakukan eksplorasi otonom dan sangat cocok mendeteksi radiasi tanpa berisiko bagi kehidupan manusia.

Chernobyl Ukraina. (Foto: Ilja Nedilko/Unsplash)

Anjing robot yang dibuat oleh Boston Dynamics ini mempunyai eksplorasi lincah yang memakai sensor di depan untuk menangkap data dan menavigasi banyak sekali medan. Robot ini bisa menskalakan tangga, membuka pintu, bahkan bangun setelah terjatuh.

Ilmuwan Sebut Peristiwa Beirut sebagai Ledakan Non-Nuklir Terbesar

Navigasi Spot yang mengesankan ini dinilai bisa untuk mengatasi banyak sekali kondisi hutan di area tersebut. Misi ini mengikuti hasil survei pemetaan berbasis drone pertama di Hutan Merah oleh tim multidisiplin di Universitas Bristol.

Wilayah sekitar Pembangkit Listrik Chernobyl sendiri telah ditinggalkan setelah bencana nuklir terbesar dalam sejarah terjadi. Ledakan itu melepaskan tingkat radiasi ekstrem ke area yang luas dekat Pripyat, Ukraina.

(han)

Comments