Penderita TBC Rentan Tertular Corona COVID-19, Yuk Kenali Gejalanya!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penderita TBC Rentan Tertular Corona COVID-19, Yuk Kenali Gejalanya!

Penderita TBC Rentan Tertular Corona COVID-19, Yuk Kenali Gejalanya!

KEPONEWS.COM - Penderita TBC Rentan Tertular Corona COVID-19, Yuk Kenali Gejalanya! CORONAVIRUS Disease 2019 (COVID-19) dan Tuberculosis (TB) sama-sama penyakit yang menyerang pernapasan. Gejalanya hampir mirip, bahkan orang dengan TBC sangat tertular COVID-19. Dijelaskan Direktur Pe...
Loading...

CORONAVIRUS Disease 2019 (COVID-19) dan Tuberculosis (TB) sama-sama penyakit yang menyerang pernapasan. Gejalanya hampir mirip, bahkan orang dengan TBC sangat tertular COVID-19.

Dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung dr Wiendra Waworuntu, kedua penyakit ini merupakan pandemi pernapasan yang menular, melalui droplet (percikan). Umumnya menyerang orang dengan rentang usia lanjut usia dan orang yang mempunyai kondisi kesehatan khusus, seperti mereka yang mempunyai gangguan kronis pada paru, bahkan pada anak-anak.

COVID-19 menyadarkan kita betapa rentannya bila pasien TBC tidak berobat, karena daya tahan tubuh dan kondisi paru mereka juga lebih rentan terinfeksi, kata Dokter Wiendra, dilansir Okezone dari Sehatnegeriku.

batuk

Untuk pasien TBC yang dalam masa pengobatan, Dokter Wiendra menekankan harus minum obat teratur, juga harus tetap menjaga daya tahan tubuh. Oleh alasannya adalah itu, peran komunitas sangatlah penting dalam skema pengobatan TBC, terutama bagi pasien TBC resistan obat (TBC RO).

Kami sedang menyiapkan skema tersebut agar pasien TBC RO tidak harus ke RS setiap hari untuk berobat, ujarnya.

Selanjutnya

Comments