Penderita Hipertensi, Olahraga Ini Bagus untuk Anda

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penderita Hipertensi, Olahraga Ini Bagus untuk Anda

Penderita Hipertensi, Olahraga Ini Bagus untuk Anda

KEPONEWS.COM - Penderita Hipertensi, Olahraga Ini Bagus untuk Anda RISIKO tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan melakukan beberapa olahraga atau perubahan gaya hidup. Kamu bisa mencegah gejala hipertensi yang mematikan dan membuat Jantung Kamu lebih kuat, deng...

RISIKO tekanan darah tinggi dapat diturunkan dengan melakukan beberapa olahraga atau perubahan gaya hidup. Kamu bisa mencegah gejala hipertensi yang mematikan dan membuat Jantung Kamu lebih kuat, dengan secara teratur melakukan olahraga ini.

Tekanan darah tinggi ialah kondisi umum yang yang dialami oleh 25 persen dari semua orang dewasa. Kondisi ini, yang juga dikenal sebagai hipertensi, memberi tekanan ekstra pada pembuluh darah dan organ vital. Kamu dapat menurunkan kemungkinan terkena gejala tekanan darah tinggi dengan tetap aktif, dan dengan makan makanan yang sehat dan seimbang. Sudah terbukti salah satu latihan terbaik untuk mengurangi tekanan darah Kamu, dan meningkatkan kekuatan jantung Kamu, merupakan berenang.

Menurut situs web medis WebMD, berenang merupakan latihan aerobik yang membantu menurunkan tekanan darah Kamu. Latihan aerobik memaksa tubuh untuk memaksimalkan jumlah oksigen dalam tubuh, dan jantung kamu akan berdetak lebih cepat. Ini melatih jantung untuk memompa darah lebih efisien, yang selanjutnya akan meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Membuat olahraga menjadi kebiasaan dapat membantu menurunkan tekanan darah kamu. Ini juga memberi Kamu lebih banyak energi, dan ini cara yang bagus untuk meredakan stres dan membuat kamu merasa lebih baik. Karena gaya hidup yang aktif baik untuk tekanan darah Kamu, dokter kamu juga mungkin akan mendukungnya.

Garis Terminator Pemisah Belahan Bumi Siang dan Malam, Ini Penampakannya

Cantik Berhijab, Netizen Malah Salfok ke Payudara Pamela Safitri

Kamu tidak perlu pergi ke gym. Kamu hanya perlu cukup aktif sehingga membuat jantung Kamu berdetak lebih cepat dari biasanya. Itu juga dapat dilakukan dengan jalan cepat, jogging, berenang, bersepeda, angkat beban atau melakukan pekerjaan halaman.

Olahraga kardiovaskular atau aerobik ini dapat membantu menurunkan tekanan darah Kamu dan membuat jantung kamu lebih kuat.

Kalau Kamu memutuskan untuk berenang, Kamu harus melakukan sekitar 150 menit dalam satu minggu. Tapi, itu tidak harus dilakukan sekaligus. Itu dapat dibagi menjadi lima sesi setiap sesinya dilakukan selama 30 menit, kalau Kamu mau.

Namun, kalau Kamu tidak terbiasa berolahraga, sebaiknya Kamu melakukannya secara bertahap hingga 150 menit. Bila perlu beberapa minggu untuk sampai ke sana, itu tidak masalah.

Kamu juga bisa menurunkan tekanan darah dengan melakukan diet sederhana. Penting untuk membatasi jumlah garam dalam makanan Kamu. Hindari makan lebih dari 6 gram atau setara dengan satu sendok teh garam dalam satu hari. Semakin banyak garam yang Kamu makan, semakin tinggi tekanan darah Kamu.

Tekanan darah tinggi sering dikenal sebagai 'pembunuh diam-diam', karena gejalanya hanya cenderung menunjukkan diri jikalau Kamu mempunyai tekanan darah yang sangat tinggi. Gejala-gejala tekanan darah tinggi yang umum seperti menemukan darah dalam urin Kamu, nyeri dada yang ekstrem, dan sakit kepala parah.

Bicaralah dengan dokter atau apoteker untuk memeriksa tekanan darah Kamu. Setiap orang di atas 40 tahun harus memeriksa tekanan darah mereka setidaknya setiap lima tahun sekali.

(ndr)

Comments