Penderita Anemia Ingin Puasa, Mesti Tahu Tipsnya

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Penderita Anemia Ingin Puasa, Mesti Tahu Tipsnya

Penderita Anemia Ingin Puasa, Mesti Tahu Tipsnya

KEPONEWS.COM - Penderita Anemia Ingin Puasa, Mesti Tahu Tipsnya Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal, sel darah mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh....

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal, sel darah mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh.

Kondisi ini bisa merepotkan seseorang yang akan berpuasa karena menjadi lebih mudah merasa lemas, pusing, jantung berdebar sampai pingsan.

Kamu yang menderita anemia sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu bersama dokter sebelum berpuasa. Jikalau anemia yang Kamu alami cukup berat sampai harus menjalani tranfusi darah, tentunya dokter tidak menganjurkan untuk berpuasa.

Ilustrasi gejala anemia yang sering muncul. (Foto oleh freestocks.org dari Pexels)Ilustrasi gejala anemia yang sering muncul. (Foto oleh freestocks.org dari Pexels)

Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 185,

Hukum Buka Puasa Tidak Pada Waktunya, Khalid Basalamah: Wajib Mengganti, Waspada Suara Software Adzan!

Barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya) sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Apabila kondisi anemia yang dialami sudah cukup membaik (tergolong ringan) dan dokter mengizinkan, sebaiknya simak 7 tips berikut ini ketika berpuasa sebagaimana yang dilansir dari laman Halodoc, Selasa (28//3/2023).

1. Penuhi Asupan Gizi

Bagi pengidap anemia yang akan berpuasa pastikan untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi dengan gizi seimbang. Makanan yang dianjurkan untuk pengidap anemia ketika berpuasa merupakan makanan tinggi kalsium, vitamin B, dan mineral.

2. Makanan Tinggi Serat

Tuai Keberkahan Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan 2023, Berikut Penjelasanya

Ketika waktu makan sahur, cukupkan dengan mengonsumsi makanan tinggi serat dari buah dan sayur. Makanan tinggi serat ini bisa menjaga kenyang menjadi lebih lama sehingga tubuh menjadi tidak mudah lemas.

3. Awali dengan Makanan Manis

Waktu berbuka alangkah baiknya untuk mengawali dengan makanan atau minuman manis untuk mengembalikan kadar gula darah. Karena, puasa bisa membuat kadar gula darah dalam tubuh menurun.

4. Perbanyak Zat Besi

Nutrisi yang harus diperhatikan ketika berpuasa bagi pengidap anemia merupakan dengan memperbanyak makanan yang kaya akan zat besi. Baik saat sahur mau pun berbuka puasa.

Makanan dengan kandungan zat besi yang tinggi meliputi kuning telur, hati, daging merah, kacang-kacangan serta sayuran hijau.

5. Konsumsi Vitamin C dan Kalsium

Nutrisi lainnya yang harus diperhatikan merupakan vitamin C dan kalsium karena berperan untuk membantu penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih maksimal.

6. Hindari Minuman Berkafein dan Soda

Kedua jenis minuman ini dapat menyebabkan penyerapan zat besi menjadi terganggu. Hal ini tentunya bisa berdampak kurang baik bagi penderita anemia.

7. Konsumsi Suplemen Tambah Darah

Kalau diharapkan dan sebagai upaya mencegah hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan tubuh, Kamu juga diperkenankan untuk mengonsumsi suplemen tambah darah yang mengandung zat besi dan vitamin B. Namun perlu diperhatikan, harus sesuai dengan anjuran dokter.

Shilvia Restu Dwicahyani

Comments