Pencipta Prangko Modern - Sir Rowland Hill

Tokoh

Ragam / Tokoh

Pencipta Prangko Modern - Sir Rowland Hill

Pencipta Prangko Modern - Sir Rowland Hill

KEPONEWS.COM - Pencipta Prangko Modern - Sir Rowland Hill Kalau kita mengirim surat, di sudut kanan atas amplop harus diberi prangko. Kalau tidak, jangan harap surat yang kita kirim akan sampai. Prangko merupakan pengganti biaya pengiriman surat. Cepat atau...

Kalau kita mengirim surat, di sudut kanan atas amplop harus diberi prangko. Kalau tidak, jangan harap surat yang kita kirim akan sampai. Prangko merupakan pengganti biaya pengiriman surat. Cepat atau lamanya surat sampai ke alamat yang dituju, tergantung nilai prangkonya. Ada prangko yang biasa, ada prangko yang kilat. Bahkan sekarang ada jasa pengiriman pos yang kilat khusus. Akan tetapi, untuk jasa pengiriman pos yang kilat khusus ini sering tidak memakai prangko, hanya dicatat saja, sehingga sering disebut "pos kilat tercatat". Pencipta Prangko Modern - Sir Rowland HillSir Rowland Hill Tokoh penting penciptaan prangko ialah Sir Rowland Hill. Rowland Hill lahir di Kidderminster, Inggris, pada 3 Desember 1795. Ayahnya bernama Thomas Wrigth Hill. Dia ialah seorang guru. Masa kecilnya dilalui dengan kondisi yang miskin yang akan terjadi peperangan yang berlarut-larut antara Inggris dan Prancis. Meski begitu, semangat belajarnya sangat tinggi.
Tahun 1830, dunia industri Inggris mengalami kemajuan pesat. Sistem transportasi, terutama rel kereta api dibangun dari segala penjuru Inggris, membentang dari timur ke barat, dan utara ke selatan. Mobilitas masyarakat pun semakin tinggi. Komunikasi yang dilakukan dengan pertemuan langsung pun mulai ditinggalkan. Komunikasi dengan cara berkirim surat mulai merebak di Inggris.
Pada waktu itu, Rowland Hill memikirkan bagimana mendapatkan pemasukan uang untuk kas kerajaan dari pajak pengiriman surat-surat. Bahkan pikiran Rowland Hill juga diganggu dengan pemberian hak bagi anggota Majelis Rendah dan anggota Majelis Tinggi dalam parlemen untuk dapat mengirim surat secara cuma-cuma tanpa batas. Selain itu sistem pembayaran biaya pengiriman surat oleh penerima juga banyak merugikan dinas pos. Hal tersebut dilihat oleh Rowland Hill sebagai suatu pemborosan dan sangat merugikan kas kerajaan. Oleh karena itu, Rowland Hill mengusulkan ke parlemen yang berhubungan dengan tata kelola pos, hingga akhirnya lahirlah prangko pertama.
Di Inggris, antara tahun 1840 -1841, sebanyak 72 juta prangko diterbitkan. Istilah prangko diambil dari nama orang Italia, Fransesco de Tassis yang merupakan keturunan keluarga Thurn dan Taxis. Dialah sesungguhnya yang memperkenalkan sistem pengantaran melalui pos. Hanya saja, waktu itu yang bisa berkirim surat merupakan kalangan bangsawan atau raja. Sistem ini mulai diperkenalkan pada tanggal 18 Januari 1505.
Rowland Hill meninggal pada 27 Agustus 1879 di Hampstead, Inggris. Upacara pemakamannya dilangsungkan secara besar dan dihadiri keluarga kerajaan, pejabat kerajaan, dan para bangsawan. Makamnya bisa ditemukan di Westminster Abbey, London, Inggris.
Meski sejarah prangko sudah ada semenjak sebelum Sir Rowland Hill dilahirkan, namun dia dianggap sebagai penemu prangko. Hal ini karena prangko ciptaannya merupakan seperti yang kita kenal sekarang ini.

Comments