Pencinta Nasi Padang Merapat, Pemprov Sumbar Gelar Nusantara Marandang Akhir Pekan Ini di Jakarta

Food & Kuliner

Travel / Food & Kuliner

Pencinta Nasi Padang Merapat, Pemprov Sumbar Gelar Nusantara Marandang Akhir Pekan Ini di Jakarta

Pencinta Nasi Padang Merapat, Pemprov Sumbar Gelar Nusantara Marandang Akhir Pekan Ini di Jakarta

KEPONEWS.COM - Pencinta Nasi Padang Merapat, Pemprov Sumbar Gelar Nusantara Marandang Akhir Pekan Ini di Jakarta SETELAH rendang dinobatkan selama 4 tahun berturut-turut sebagai makanan terlezat di dunia oleh salah satu kantor informasi internasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus melakukan taktik dan...

SETELAH rendang dinobatkan selama 4 tahun berturut-turut sebagai makanan terlezat di dunia oleh salah satu kantor informasi internasional, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus melakukan taktik dan inovasi untuk mempromosikan masakan khas masyarakat Minangkabau ini.

Perlu diketahui, rendang (dalam bahasa Minang disebut randang) dalam lingkungan masyarakat Minangkabau bukan hanya sekadar menu masakan di meja makan, tetapi sudah menjadi bagian terdalam dari tata cara, budaya, dan kehidupan sosial mereka semenjak berabad-abad silam.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat meluncurkan sebuah acara menarik yang bertajuk Nusantara Marandang. Menurut penuturan, Andre Setiawan, S.STP., M.P.A, selaku Kepala Badan Penghubung Provinsi Sumatera Barat, acara ini merupakan salah satu cara Pemprov Sumbar untuk kembali memberikan kepada masyarakat nasional dan internasional perihal nilai luhur, historis, dan budaya dari rendang.

Keunikan dari masakan khas Minangkabau ini merupakan jenisnya yang sangat banyak, selain perbedaan berdasarkan fungsi untuk acara keadatan dan budaya, jenis masakan ini juga berbeda-beda berdasarkan wilayah dengan ciri khas masing-masing daerah, sampai saat ini jenis randang yang sudah tercatat sebanyak 400 jenis randang, tutur Andre Setiawan, dalam konferensi pers Nusantara Marandang, di Century Hotel, Jakarta, Kamis (29/11/2018).

Tentunya hal ini menjadi peluang dan tantangan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk secara berkelanjutkan menyampaikannya kepada masyarakat nasional dan intemasional, timpalnya.

(Intip Ramalan Cintamu di Bulan Desember)

Puncak acara Nusantara Marandang sendiri akan diselenggarakan pada tanggal 2 Desember 2018 di daerah Gelora Bung Karno. Pemilihan Jakarta sebagai tempat puncak acara bertujuan untuk memberikan kepada masyarakat luas bahwa rendang sebagai masakan khas Minangkabau sudah menjadi miliki bersama masyarakat Indonesia. Hal ini didasari oleh banyaknya wilayah di Indonesia yang secara kultural mengadopsi resep rendang dengan kekhasan dan kearifan lokal mereka masing-masing.

Dalam kesempatan yang sama, Vita Datau selaku Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Masakan Kemenpar, mengapresiasi upaya Pemprov Sumbar dalam melestarikan dan mempromosikan masakan tradisional Minangkabau, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di kancah internasional.

Acara ini mempunyai pesan penting yang membahas keunikan masakan khas masing-masing daerah kepada masyarakat luas. Tidak hanya berbicara wacana rasa dari masakan itu sendiri, tetapi perihal nilai, sejarah, dan budaya yang mendasari masakan tersebut. Dengan demikian, masyarakat Indonesia dan dunia akan memahami nilai luhur yang mendasari randang sebagai bagian dari budaya yang sudah berjalan selama berabad-abad, tegasnya.

rendang

Salah satu puncak acara Nusantara Marandang merupakan pemecahan rekor MURI untuk kreasi memasak rendang terbanyak. Rekor MURI ini diharapkan bisa menstimulasi masyarakat nasional untuk semakin mencintai rendang sebagai salah satu kebanggaan nasional, dan memberikan kepada masyarakat Internasional bahwa rendang sebagai salah satu aset dan budaya tak benda Sumatera Barat.

Untuk melengkapi puncak acara Nusantara Marandang, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mengangkat beberapa muatan konten yang akan memberikan nilai Iebih terkait keberadaan rendang di tengah-tengah masyarakat Sumatera Barat, di antaranya merupakan Talkshow On Air dengan tema sejarah dan filosoii rendang di Sumatra Barat, Talkshow mengangkat tema rendang yang terkenal diseluruh dunia dari segi usaha dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta pencanangan Resep Standar (SOP) pembuatan rendang yang sesuai dengan cita rasa masakan Minangkabau asli.

Pesona Kecantikan Anisha Kalebic, Wanita yang Ditaksir Pangeran Brunei Darussalam

Selain itu, akan ada demo Masak berbahan dasar rendang yang disajikan oleh chef dan ceIeb berdarah Minang dan mempunyai usaha masakan. De

Comments