Penangkapan Keluarga Imigran yang Melintasi Perbatasan AS-Meksiko Meningkat

Internasional

News / Internasional

Penangkapan Keluarga Imigran yang Melintasi Perbatasan AS-Meksiko Meningkat

Penangkapan Keluarga Imigran yang Melintasi Perbatasan AS-Meksiko Meningkat

KEPONEWS.COM - Penangkapan Keluarga Imigran yang Melintasi Perbatasan AS-Meksiko Meningkat Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari TIJUANA - Jumlah keluarga imigran yang diciduk saat mencoba memasuki wilayah Amerika Serikat (AS) melalui perbatasan Selatannya, menunjukkan peningkatan. D...

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TIJUANA - Jumlah keluarga imigran yang diciduk saat mencoba memasuki wilayah Amerika Serikat (AS) melalui perbatasan Selatannya, menunjukkan peningkatan.

Dari 9.247 penangkapan yang dilakukan pada Juli lalu, kini melonjak menjadi 12.774 pada Agustus 2018.

Menangis Usai Laga Kontra Borneo FC, Ini Kata Sandi Sute

Dikutip dari laman Al Jazeera, Jumat (14/9/2018), data tersebut berdasar pada statistik yang dirilis oleh lembaga Bea dan Patroli Perbatasan (CBP).

Prabowo Subianto Tanya Sofa Bolong, Sinta Nuriyah Ungkap Kebiasaan Gus Dur Saat Terima

Sementara sebanyak 3.181 keluarga lainnya yang tiba di pelabuhan resmi wilayah AS, dianggap ilegal dan tidak boleh masuk pada Agustus lalu.

Menanggapi hal itu, Komisaris CBP Kevin McAleenan mengatakan pada Rabu lalu, bahwa 'celah hukum' memungkinkan terjadinya peningkatan pada penangkapan terhadap keluarga imigran.

Ia juga menambahkan, "Kami tidak terkejut dengan hal itu, itu sudah menjadi tren yang sangat mencolok dalam situasi seperti ini,".

Pada bulan Agustus, keluarga para imigran menimbulkan kekhawatiran pada sebagian besar resiko yang bisa muncul di perbatasan Selatan.

Peningkatan angka penangkapan tersebut merupakan dampak dari kebijakan 'imigrasi toleransi nol' yang diterapkan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Kebijakan kontroversial itu diperkenalkan pada April lalu, yang menghasilkan tindakan pemisahan terhadap lebih dari 2.500 anak-anak dari orangtua mereka sendiri.

Kendati demikian, Trump secara efektif mengakhiri praktik pemerintahannya sendiri terkait pemisahan keluarga itu pada Juni lalu, ditandai sebuah perintah eksekutif di tengah kritik keras dan kecaman seluruh masyarakat di dunia.

Meskipun saat ini masih ada ratusan anak yang terpisah dari orangtua dan wali mereka.


Penangkapan Keluarga Imigran yang Melintasi Perbatasan AS-Meksiko Meningkat
Loading...

Comments