Penampakan Frozen di Gunung Bromo Gara-gara Suhu Nol Derajat Celsius

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Penampakan Frozen di Gunung Bromo Gara-gara Suhu Nol Derajat Celsius

Penampakan Frozen di Gunung Bromo Gara-gara Suhu Nol Derajat Celsius

KEPONEWS.COM - Penampakan Frozen di Gunung Bromo Gara-gara Suhu Nol Derajat Celsius Cuaca ekstrem melanda daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur. Fenomena frozen atau embun upas kini dapat dijumpai hampir di seluruh penjuru daerah taman nasional itu. Embun u...

Cuaca ekstrem melanda daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Jawa Timur. Fenomena frozen atau embun upas kini dapat dijumpai hampir di seluruh penjuru daerah taman nasional itu.

Embun upas ialah embun yang membeku menjadi es menyerupai salju. Fenomena embun upas itu kali pertama ditemukan di pada Minggu, 16 Juni 2019. Ternyata fenomena ini terus berlanjut hingga kini, dapat dijumpai terutama saat dini hari hingga pagi.

Otoritas TNBTS menyebut fenomena itu terjadi karena suhu di sekitar daerah makin dingin. Embun upas ditemukan tidak merata tapi bisa dijumpai hampir seluruh resort di TNBTS.

"Laporan di lapangan embun upas ini belum merata. Pertama kali dideteksi pada 16 Juni lalu," kata Kepala Subbagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Syarif Hidayat, Jumat, 21 Juni 2019.

Fenomena frozen atau embun upas di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa T

Frozen 2

Elsa dan Anna Menuju Daerah Misterius dalam Trailer Frozen 2

Tradisi sorban berjalan di kalangan muslim tengger. (FOTO: Happy L. Tuansyah/TIMES Indonesia)

Tradisi Sorban Berjalan Sambut Nuzulul Quran Muslim Tengger

Ilustrasi/Para pendaki gunung.

Pendaki asal Amerika Meninggal setelah Terserang Diare di Semeru

Belakangan, katanya, saat memasuki musim kemarau suhu di TNBTS makin dingin. Bahkan saat malam suhu di sekitar Bromo bisa mencapai 0 derajat celcius. Suhu di Ranu Pani mencapai 2-8 derajat celsius.

"Cemorolawang dan lautan pasir belum konsisten melaporkan adanya embun upas frozen. Suhu di sana masih sekitar 10 sampai 12 derajat celsius. Sementara suhu Penanjakan kisaran 5-10 derajat celsius. Tapi untuk malam hari bisa mencapai 0 derajat celsius," ujar Syarif.

Fenomena frozen atau embun upas di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa T

Fenomena embun upas sebenarnya biasa terjadi terutama saat musim kemarau. Alasannya adalah, suhu di TNBTS jauh lebih dingin daripada biasanya. Embun upas tidak hanya ada di pasir dan tumbuhan, tapi juga di atas tenda para pendaki yang sedang berada di daerah TNBTS.

Comments