Penampakan di Langit Bikin Geger Karena Dikira UFO, Ini Fakta Sebenarnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Penampakan di Langit Bikin Geger Karena Dikira UFO, Ini Fakta Sebenarnya

Penampakan di Langit Bikin Geger Karena Dikira UFO, Ini Fakta Sebenarnya

KEPONEWS.COM - Penampakan di Langit Bikin Geger Karena Dikira UFO, Ini Fakta Sebenarnya Ilustrasi peluncuran roket Falcon 9 yang membawa satelit Starlink. (YouTube/SpaceX) Cuitan seorang netizen belum lama ini membuat geger jagad Twitter. Bagaimana tidak geger, netizen ini mengaku melih...

Ilustrasi peluncuran roket Falcon 9 yang membawa satelit Starlink. (YouTube/SpaceX)

Cuitan seorang netizen belum lama ini membuat geger jagad Twitter. Bagaimana tidak geger, netizen ini mengaku melihat penampakan UFO di langit Inggris. Setelah kemudian ditelusuri fakta sebenarnya lalu terungkap.

Pada Minggu (19/4/2020) netizen ini mengirimkan cuitan beserta foto yang menyebutkan bahwa dirinya baru saja melihat cahaya kelap-kelip di langit. Benda ini lalu terbang rendah dan lambat.

Begitu yakin bahwa penampakan yang ia lihat merupakan UFO, netizen ini bahkan menambahkan hashtag #UFOs dalam cuitannya tersebut.

Dilansir dari Independent.co.uk, cukup serius, penampakan di langit Inggris yang disangka UFO ini rupanya membuat situs penampakan UFO mendapatkan lebih dari 150 laporan.

Buru-buru dikonfirmasi, kini terjawab bahwa penampakan di langit yang dikira UFO ini ternyata merupakan satelit Starlink milik SpaceX. Seperti yang diketahui, satelit SpaceX kini sudah ada 420 yang beroperasi.

Penampakan di langit Inggris yang dikira UFO. (twitter/virtualcolm)Penampakan di langit Inggris yang dikira UFO. (twitter/virtualcolm)

Karena sudah ada dalam jumlah yang banyak, wajar kalau warga lalu dapat melihat keberadaan satelit Starlink di langit. Apalagi di masa lockdown saat ini, langit tanpa lalu lalang pesawat membuat satelit nampak lebih jelas.

Mengutip Express.co.uk, Starlink merupakan ambisi SpaceX untuk meluncurkan 12 ribu satelit ke orbit Bumi. Tujuannya merupakan untuk membuat internet dapat diakses di seluruh pelosok Bumi.

Diluncurkan pada Mei 2019, satelit Starlink ini telah mempunyai peningkatan jumlah dari bulan ke bulan secara bersiklus. Wajar kalau kini telah mencapai angka 420 satelit.

Penampakan di langit Inggris yang dikira UFO. (twitter/virtualcolm)Penampakan di langit Inggris yang dikira UFO. (twitter/virtualcolm)

Karena tersebar hampir di seluruh bagian Bumi, satelit Starlink yang terbuat dari logam dan mempunyai sifat reflektif ini membuat teleskop astronomik mengalami gangguan.

Mengenai bagaimana Starlink mengganggu teleskop astronomik, hingga kini masih diupayakan penanganannya. Apalagi mengingat rencana SpaceX untuk merilis 12 ribu satelit.

Usai jelas dan terbukti bahwa penampakan di langit Inggris yang dikira UFO ternyata hanyalah satelit Starlink. Kedepannya, diharapkan, warga tidak lagi berspekulasi mengenai hal ini.

Comments