Penambang di Afrika Klaim Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Bumi

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Penambang di Afrika Klaim Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Bumi

Penambang di Afrika Klaim Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Bumi

KEPONEWS.COM - Penambang di Afrika Klaim Temukan Berlian Terbesar Ketiga di Bumi Penambang di Botswana, Afrika Selatan, telah menemukan berlian yang diyakini merupakan berlian terbesar ketiga di Bumi. Permata raksasa 1.098 karat itu ditemukan pada 1 Juni di tambang Jwaneng, Bots...

Penambang di Botswana, Afrika Selatan, telah menemukan berlian yang diyakini merupakan berlian terbesar ketiga di Bumi.

Permata raksasa 1.098 karat itu ditemukan pada 1 Juni di tambang Jwaneng, Botswana selatan, yang dianggap sebagai tambang paling berharga di dunia.

Seorang juru bicara perusahaan pertambangan Debswana mengatakan, batu permata besar itu merupakan berlian terbesar yang pernah ditemukan dalam sejarah perusahaan selama lima dekade.

Menurut The Guardian, Botswana merupakan produsen berlian terkemuka di Afrika sekaligus merupakan rumah bagi tambang di mana berlian terbesar kedua, yang disebut Lesedi La Rona (1.109 karat), di dunia ditemukan pada 2015.

Berlian Ungu Merah Muda Sangat Langka Ini Terjual Rp 408 Miliar

Berlian terbesar di dunia yang disebut Cullinan lebih besar dari gabungan dua berlian kedua dan ketiga.

Dilansir dari Live Science, Kamis (17/6/2021), batu itu berukuran 3.106 karat ketika ditemukan di Afrika Selatan pada 1905.

Berlian terbesar ketiga di dunia. [Monirul Bhuiyan/AFP]Berlian terbesar ketiga di dunia. [Monirul Bhuiyan/AFP]

Pada 1908, permata itu dipotong menjadi sekitar 100 bagian, dengan bongkahan 530 karat terbesar dikirim ke London untuk menghiasi puncak Royal Scepter Inggris.

Batu yang baru ditemukan ini akan dinilai dalam beberapa minggu mendatang.

Perusahaan perdagangan berlian milik negara Botswana, dapat memutuskan apakah akan membelinya dari Debswana atau membiarkan perusahaan menjualnya.

Ngenes... Jadi Ini Penyebab Misteri Kematian Ratusan Gajah di Botswana

Comments