Pemudik Diserang Microsleep, Ini Cara Tidur Ideal 15 Menit

Otomotif

News / Otomotif

Pemudik Diserang Microsleep, Ini Cara Tidur Ideal 15 Menit

Pemudik Diserang Microsleep, Ini Cara Tidur Ideal 15 Menit

KEPONEWS.COM - Pemudik Diserang Microsleep, Ini Cara Tidur Ideal 15 Menit JAKARTA - Menempuh perjalanan mudik di musim jelang hari raya, jarak tempuh memang tak berubah, namun titik macet yang dilalui membuat perjalanan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Kondisi lelah...
Loading...

JAKARTA - Menempuh perjalanan mudik di musim jelang hari raya, jarak tempuh memang tak berubah, namun titik macet yang dilalui membuat perjalanan memakan waktu lebih lama dari biasanya. Kondisi lelah menjadi musuh bagi pengemudi terhadap terjadinya microsleep.

Bagi pengemudi yang telah mengalami microsleep baiknya langsung melakukan istirahat dengan tidur berbobot. Salah satu cara untuk melakukan tidur berbobot perlu melakukan beberapa tahap untuk bisa mengembalikan kondisi tubuh menjadi lebih segar.

Menurut Jusri Pulubuhu, head of Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sangat penting bagi pengemudi mengembalikan tenaga dan stamina selama melakukan perjalanan mudik, salah satunya dengan istirahat berbobot selama 15 menit.

"Untuk mendapatkan tidur berbobot selama 15 menit, saat akan istirahat, kita harus terhindar dari noise suara dan cahaya," ujar Jusri saat dihubungi Okezone, beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, agar terhindar dengan gangguan suara dan cahaya, indera pendengaran perlu disumbat memakai silicon ear plug dan masker penutup mata. Hal terpenting adalah cari lokasi untuk istirahat yang cukup nyaman dan seluruh badan bisa dalam posisi lurus saat tidur. Kualitas cara seperti ini bisa langsung menghilangkan gejala microsleep yang telah dialami pemudik dan tubuh kembali segar mengemudi.

"Dengan istirahat berbobot ini, stamina dan tenaga akan cepat kembali secara maksimal serta pemudik bisa melanjutkan perjalanan dengan konsentrasi penuh agar selamat di jalan," pungkasnya.

(muf)

Comments