Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam

Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam

KEPONEWS.COM - Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam Jum'at, 17 Februari 2017 | 10:45 WIBSebuah kapal melintas di Sungai Mahakam, dengan latar belakang Masjid Islamic Centre Samarinda, Kalimantan Timur (18/11). Masjid tersebut menjadi land mark Samarind...

Jum'at, 17 Februari 2017 | 10:45 WIB

Pemerintah Kembangkan Wisata Kapal Pesiar Sungai Mahakam

Sebuah kapal melintas di Sungai Mahakam, dengan latar belakang Masjid Islamic Centre Samarinda, Kalimantan Timur (18/11). Masjid tersebut menjadi land mark Samarinda dan tempat kunjungan wisata. ANTARA/M Imron Rosyadi

Jakarta - Menyusuri Sungai Mahakam sepanjang 920 kilometer di Kalimantan Tengah, pelancong dapat menyerap tiga budaya sekaligus. Ketiganya merupakan: budaya pesisir, budaya pedalaman, serta budaya keraton. Tentu saja masih ditambah keindahan panorama di sepanjang tepi sungai.

Untuk mewujudkan hal itu Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tengah menggagas pengembangan wisata sungai dengan kapal pesiar. Karena sungai ini memiliki keunggulan komparatif yang tidak dimiliki sungai lain di Indonesia, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Syafruddin Pernyata, Kamis.

Menurut Syafruddin, budaya pesisir itu ada di Kota Samarinda, budaya keraton di Kutai Kartanegara, dan budaya pedalaman berada di Kutai Barat sampai Kabupaten Mahakam Ulu.

Meski demikian ada sejumlah hal yang mesti dibenahi kalau wisata kapal pesiar ini hendak dikembangkan. Misalnya, harus dibangun sarana dan prasana, seperti dermaga pelabuhan. Itu bisa dilakukan Pemerintah provinsi Kaltim melalui dinas terkait, kata Syafruddin.

Sementara Pemerintah Kota Samarinda bisa membina masyarakat agar tidak ada lagi jamban di di tepi sungai. Sarana MCK-nya dialihkan ke sisi darat. Sementara dapur yang berada di bagian belakang rumah, bisa diubah menjadi beranda depan. Sehingga dengan begitu akan menambah keindahan rumah-rumah yang ada di tepi Sungai Mahakam," kata dia.

Senyampang belum ada wisata kapal pesiar, ketika ini pun para wisatawan bisa menyusuri sungai Mahakam. Kami sangat berharap, Sungai Mahakam benar-benar akan menjadi ikon pariwisata Kaltim masa depan," kata Syafruddin.

ANTARA

Informasi lain:

Bagaimana Menuju Tanjung Isuy

Kota Lama Semarang Bisa Ditata Seperti Di ...

Comments