Pemerintah Ingin Inacraft Sejajar dengan Pameran Ambiente di Jerman

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Pemerintah Ingin Inacraft Sejajar dengan Pameran Ambiente di Jerman

Pemerintah Ingin Inacraft Sejajar dengan Pameran Ambiente di Jerman

KEPONEWS.COM - Pemerintah Ingin Inacraft Sejajar dengan Pameran Ambiente di Jerman JAKARTA - Pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia, Inacraft 2019 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi menyebut bila penyelenggaraan pameran setiap tahunnya semakin mem...

JAKARTA - Pameran kerajinan tangan terbesar di Indonesia, Inacraft 2019 secara resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi menyebut bila penyelenggaraan pameran setiap tahunnya semakin membaik.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKM) Kementerian perindustrian Gati Wibawaningsih mengatakan, meskipun mendapatkaan kebanggaan, namun pihaknya ingin agar pameran kerajinan tangan ini bisa lebih baik lagi ke depannya. Dirinya menginginkan agar pameran Inacraft bisa menyamai level dari pameran kerajinan tangan terbesar di dunia adalah Ambiente.

"Nah ke depan kita akan atur supaya pameran itu lebih prestisius lagi karena kita akan menghidupkan yang namanya Inacraft ini istlahnya seperti Ambiente," ujarnya saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Presiden Jokowi Buka Pameran Inacraft 2019, Produk Kerajinan Indonesia Terus Naik Kelas

Ambiente biasanya diselenggarakan di Kota Frankfurt, Jerman. Pameran kerajinan tangan ini menghadirkan peserta dari banyak sekali negara mulai dari Asia, Eropa hingga Amerika.

"Ambiente itu ialah pameran carft yang paling prestisius di dunia itu ada di Frankfurt. Nah kita akan jadikan Inacraft ini represent-nya Ambiente di Asia," jelasnya.

Jokowi Kunjungi Mitra Rumah Kreatif BUMN Binaan BNI di Inacraft 2019

Menurut Gati, dengan menggelar pameran dengan skala internasional maka akan semakin banyak produk Indonesia yang diekspor ke luar negeri. Kalau semakin banyak produk yang diekspor maka perekonomian Indonesia akan baik mengingat bisa memangkas defisit neraca perdagangan.

"Harapannya produk Indonesia bisa terkenal di dunia," ucapnya.

Beberapa langkah untuk menuju arah ke sana pun saat ini sudah mulai dilakukan secara bertahap. Misalnya dengan pemberian zonasi pada stand yang berjualan dalam pameran tersebut.

Presiden Jokowi: Industri Kerajinan Serap 1,3 Juta Tenaga Kerja

"Nah tahun lalu sudah saya kasih masukan untuk lebih baik dan mereka belum semuanya melakukandan tahun ini makin lebih baik sudah ada zoning-zoningnya," jelasnya

Pada tahun, penyelnggaraan Inacaraft masih ada beberapa kekurangan. Utamanya merupakan dalam hal penataan, sehingga saat penyelenggaraannya, Incaraft disamakan seperti pasar tradisional.

"Seperti disampaikan oleh pak menteri dan preisden menyambut baik pameran Inacraft ini. Kita melihat dua tahun yang lalu lah Inacraft itu makin padet tapi suasananya seperti pasar yang berantakan," kata Gati.

(fbn)

Comments