Pemerintah Akan Beli Harta Karun Pra-Majapahit Temuan Warga Malang

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pemerintah Akan Beli Harta Karun Pra-Majapahit Temuan Warga Malang

Pemerintah Akan Beli Harta Karun Pra-Majapahit Temuan Warga Malang

KEPONEWS.COM - Pemerintah Akan Beli Harta Karun Pra-Majapahit Temuan Warga Malang Tim arkeolog Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur, menggali atau mengeskavasi sebuah tempat yang diyakini situs era pra-Majapahit di sekitar lokasi proyek jalan Tol Malang-Pandaa...

Tim arkeolog Badan Peninggalan Cagar Budaya (BPCB) Trowulan, Jawa Timur, menggali atau mengeskavasi sebuah tempat yang diyakini situs era pra-Majapahit di sekitar lokasi proyek jalan Tol Malang-Pandaan di Desa Sekarpuro, Kabupaten Malang, Selasa, 12 Maret 2019.

BPCB Trowulan juga bakal mengumpulkan benda-benda purbakala atau semacam harta karun yang warga temukan di daerah itu. Tim arkeolog telah berkoordinasi dengan perangkat desa dan polisi untuk menggelar pertemuan dengan warga. Mereka akan diajak bermusyawarah wacana proses ganti untung atas temuan benda purbakala itu.

"Akan kita kumpulkan di Balai Desa Sekarpuro untuk membicarakan ganti untung berapa yang mereka inginkan. Kami undang perangkat desa, polisi dan wartawan agar proses ganti untung ini terbuka. Musyawarah nanti sore sekitar empat," kata arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho.

Temuan warga akan ditelusuri oleh tim ahli cagar budaya untuk menilai atau menaksir benda-benda itu. BPCB berkordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Tim arkeolog mengeskavasi sebuah tempat yang diyakini sebagai situs era pra-Majapahit di sekitar lokasi proyek jalan Tol Malang-Pandaan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa, 12 Maret 2019.

Kalau Pemkab Malang dan Pemprov Jatim enggan memberikan ganti untung, BPCB yang bakal menalangi agar sekalian dapat menyimpan benda-benda bersejarah itu di Museum Trowulan, Mojokerto. Benda-benda purbakala yang ditemukan warga, antara lain koin mata uang China, peralatan rias atau peralatan makan dari perunggu, emas, guci, gerabah, dan potongan keramik.

image_title

Bakar Dupa, Arkeolog Mulai Gali Situs Era Pra-Majapahit di Tol Malang

image_title

Simpan Situs Majapahit, Proyek Tol Malang-Pandaan Dieskavasi Besok

image_title

Warga Berburu Harta Karun Peninggalan Majapahit di Tol Malang-Pandaan

"Pertama, kita akan koordinasi dengan Pemkab Malang, kan, punya Museum Singosari; Pemprov Jatim punya Museum Mpu Tantular siapa yang mau memberikan kompensasi. Bila tidak ada, [Museum] Trowulan yang siap beli," ujar Wicaksono.

BPCB akan mendata lebih dahulu sebelum memberikan ganti untung. Kompensasi bakal diberikan sesuai permintaan warga setelah tim arkeolog menaksir nilai dari benda purbakala itu dan warga bisa menunjukkan lokasi penemuannya.

Pada dasarnya, pemerintah akan membeli benda-benda purbakala itu meski BPCB menyebutnya dengan istilah ganti untung. BPCB juga tak sembarangan membeli melainkan disesuaikan dengan standar nilai benda-benda purbakala pada umumnya. Ditambah perbandingan dengan harga pasaran di pasar benda-benda antik dan unsur kejujuran warga yang menemukannya.

"Nilai kejujuran itu, dia tidak menjual ke [pasar] antik tapi melapor ke desa; hanya mencari, menemukan dan menyimpan. Karena kalau dijual ke kolektor, itu masuk dalam proses pelanggaran," katanya.

Era Pra-Majapahit

Comments