Pemda hingga Pengembang Kompak Minta IMB dan AMDAL Dijadikan Satu Paket

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Pemda hingga Pengembang Kompak Minta IMB dan AMDAL Dijadikan Satu Paket

Pemda hingga Pengembang Kompak Minta IMB dan AMDAL Dijadikan Satu Paket

KEPONEWS.COM - Pemda hingga Pengembang Kompak Minta IMB dan AMDAL Dijadikan Satu Paket JAKARTA - Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut wacana penghapusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) tidaklah tepat. Karena hal tersebut justru akan m...
Loading...

JAKARTA - Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut wacana penghapusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) tidaklah tepat. Karena hal tersebut justru akan membuat tata ruang kota semakin berantakan.

Di sisi lain, bila nantinya dimasukkan ke dalam Rancangan Desain Tata Ruang (RDTR) tidak akan mengakomodir IMB dan AMDAL. Karena ada beberapa poin dari AMDAL dan IMB yang tidak bisa dimasukkan ke dalam RDTR.

Menteri Sofyan: Penghapusan IMB Masih Wacana, Belum Jadi Policy

"Harus dikaji kalo sistem baru nanti bisa menyeimbangkan, perencanaan pelaksanaan dan pengawasannya bagaimana. Memastikan kalau RDTR jadi instrumen semua kita menyerahkan kepada itu," ujarnya dalam sebuah diskusi di Kantor Kementerian ATR, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Menurut Bima, sebaiknya IMB dan AMDAL tetap ada namun proses perizinannya dipercepat. Maksudnya ialah nantinya dalam sebuah perizinan ini antara IMB dan AMDAL akan dijadikan satu paket agar mempercepat.

Rumah

"Enggak usah AMDAL lain sebagainya dibuat satu paket saja," ucapnya.

Senada dengan Bima, Ketua Umum Real Estate Indonesia (REI) Soelaeman Soemawinata mengatakan, ada baiknya dalam sebuah izin AMDAL ini dijadikan menjadi satu paket dengan IMB. Sehingga nantinya, untuk mendapatkan satu izin ini cukup sekali saja mengajukannya.

Agar mempermudah, Tim Penilai Arsitektur Kota (TPAK) ini tidak hanya diisi oleh Arsitek saja. Akan tetapi ada perwakilan dari ahli lingkungan hingga dinas perhubungan.

IMB Mau Dihapus, Menteri Basuki: Semangatnya untuk Menarik Investasi

"TPAK itu ada orang AMDAL dari lingkungan sama perhubungan," ucapnya

Pria yang kerap disapa Eman ini menyebut selama ini dirinya sering kali frustasi untuk mendapatkan izin IMB dan AMDAL. Misalnya untuk mengajukan izin di DKI Jakarta, ada enam instansi yang mana letaknya saling berjauhan

"Contoh lagi ada AMDAL, AMDAL transportasi. Jumlah burung, jumlah burung awal jumlah burung akhir. Itu bisa satu setengah tahun. Kalau di DKI ada 6. Nanti bolak-balik ke Jaksel ke ibu Vera ribet sendiri," ucapnya.

(kmj)

Comments