Pembagian Ribuan Ayam Gratis di Yogya Nyaris Ricuh

Nasional

News / Nasional

Pembagian Ribuan Ayam Gratis di Yogya Nyaris Ricuh

Pembagian Ribuan Ayam Gratis di Yogya Nyaris Ricuh

KEPONEWS.COM - Pembagian Ribuan Ayam Gratis di Yogya Nyaris Ricuh Yogyakarta - Aksi Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) membagikan ribuan ayam hidup gratis sebagai bentuk protes anjloknya harga ayam disambut masyarakat dengan antusias, Rabu, 26 Juni 2019. Bahk...

Yogyakarta - Aksi Asosiasi Peternak Ayam Yogyakarta (Apayo) membagikan ribuan ayam hidup gratis sebagai bentuk protes anjloknya harga ayam disambut masyarakat dengan antusias, Rabu, 26 Juni 2019.

Bahkan, aksi bagi-bagi ayam sebanyak 6.500 ekor ayam hidup itu nyaris mengundang ricuh antara satu warga dengan lainnya yang berdesakan ingin berebut.

Pantauan Tempo, awalnya Apayo sebelum bergerak ke empat titik pembagian ayam yang disepakati adalah Alun-Alun Utara, Taman Sriwedari, timur Stadion Kridosono, dan timur Balai Kota membagikan kupon kepada warga untuk menukar jatah pengambilan ayam.

Salah satu titik pembagian kupon yang diserbu warga bertempat di timur Balai Kota atau depan rumah dinas Wali Kota Yogya.

Pembagian kupon dilakukan mulai pukul 13.00 WIB dan aksi bagi-bagi ayam sedianya baru mulai pukul 14.00 WIB.

Saat pembagian kupon di timur Balai Kota, ribuan warga sudah tampak saling berebut. Usai kupon habis, saat sebagian armada mobil pengangkut ayam mulai bergerak, ternyata di jalan ada sejumlah warga tak sabar berebut ayam gratis itu.


Pembagian Ribuan Ayam Gratis di Yogya Nyaris Ricuh
Copyright (c) 2016 TEMPO.CO
foto

Bahkan salah satu armada pengangkut ayam saat melintas depan Gedung DPRD Kota Yogyakarta di Jalan Ipda Tut Harsono dihentikan Warga ada yang naik untuk mengambil sendiri ayam-ayam yang hendak dibagikan itu. Warga lantas naik ke bak dan berebut mengambil ayam-ayam itu. Tak hanya satu warga satu ekor, ada pula warga yang mendapat sampai dua hingga empat ekor.

Suasana kemacetan pun terjadi di Jalan Ipda Tut Harsono. Klakson-klakson para pengendara seakan tak dipedulikan warga yang berebut jatah ayam hingga bak berisi ratusan ayam itu ludes.

Ini ngawur sekali, ada warga yang sampai dapat empat ekor ayam, sementara warga lainnya enggak kebagian sama sekali, ujar Wagiyo, 59 tahun, seorang tukang parkir dengan raut kecewa.

Sedangkan Aan, 54, warga Klitren mengaku mendapatkan satu ekor ayam dengan kupon yang diperolehnya. Ya seneng dengan aksi ini, bisa untuk makan dua hari, tapi doa kami semoga aksi peternak ini lancar sesuai tujuannya, ujarnya.

Ketua Apayo, Hari Wibowo menuturkan aksi bagi ayam gratis ini sebagai bentuk protes mereka karena tak sebandingnya harga jual ayam dengan ongkos produksi yang dikeluarkan. Ongkos produksi yang dikeluarkan peternak sekitar Rp 18.700 per kg, tapi kenyataannya harga jual ayam di sangkar kepada pedagang hanya mentok Rp 7-8 ribu per kg.

Padahal masyarakat kan kalau di pasar beli daging ayam per kg di atas Rp 25-30 ribu, ujarnya. Hari mengatakan daripada rugi seperti itu, pihaknya memilih bentuk protes dengan membagikan ribuan ekor ayam itu.

Dari aksi ini kami ingin membuatkan keprihatinan dengan masyarakat, semoga pemerintah mau melihat aksi ini dan bertindak, ujarnya.

Hari menuturkan, kondisi kerugian harga jual ayam ini sudah terjadi semenjak September 2018 lalu. Memang saat akhir tahun harga jual ayam sempat naik sedikit namun kemudian anjlok lagi di awal 2019 sampai pertengahan tahun ini.

Comments