Pemanasan Global Picu Pelelehan Gletser, Bakteri Kuno Berbahaya Berpotensi Lepas ke Alam

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pemanasan Global Picu Pelelehan Gletser, Bakteri Kuno Berbahaya Berpotensi Lepas ke Alam

Pemanasan Global Picu Pelelehan Gletser, Bakteri Kuno Berbahaya Berpotensi Lepas ke Alam

KEPONEWS.COM - Pemanasan Global Picu Pelelehan Gletser, Bakteri Kuno Berbahaya Berpotensi Lepas ke Alam Patogen yang berpotensi berbahaya dan ribuan mikroba lainnya dapat bocor ke sungai dan danau saat gletser mencair dari perubahan iklim yang disebabkan manusia. Ketika bakteri dan ganggang mencair dari...

Patogen yang berpotensi berbahaya dan ribuan mikroba lainnya dapat bocor ke sungai dan danau saat gletser mencair dari perubahan iklim yang disebabkan manusia.

Ketika bakteri dan ganggang mencair dari permukaan gletser, rata-rata 650.000 ton karbon dapat dilepaskan ke belahan bumi utara per tahun.

- Jerman Berwacana Mau Pajaki Sumber Energi Ramah Lingkungan, Sebabnya Bikin Heran - Susul Huawei dan Apple, Samsung Siap Hadirkan Sistem Komunikasi ke Satelit pada Galaxy S23 - Bocoran Genshin Impact 3.3: Player Bisa Kasih Nama ke Scaramouche, Nongol Desember?

Dilansir dari Spunik News, sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa berton-ton bakteri dilepaskan oleh permukaan es gletser yang mencair di Belahan Bumi Utara kita.

Butuh studi lebih lanjut untuk mengetahui efeknya, tetapi itu dapat meningkatkan jumlah karbon yang dihasilkan oleh puluhan ribu.

"Kami menganggap gletser sebagai penyimpan besar air beku tetapi pelajaran utama dari penelitian ini ialah bahwa mereka juga merupakan ekosistem tersendiri," kata Arwyn Edwards, ahli mikrobiologi dan penulis studi dari Aberystwyth University di Inggris.

"Secara global ada 200.000 tangkapan air yang diberi makan oleh air lelehan glasial dan beberapa di antaranya merupakan lingkungan yang sangat sensitif yang kurang berkembang dalam hal karbon organik dan nutrisi," kata Edwards.

Ilustrasi gletser. (Pixabay)Ilustrasi gletser. (Pixabay)

Ketika mikroba disiram ke hilir, ada kemungkinan bahwa mereka dapat membuahi ekosistem yang bersentuhan dengan mereka, kata para peneliti.

Tetapi apakah salah satu dari ini merupakan patogen (mikroba dengan kemampuan untuk menyebabkan penyakit) masih belum diketahui.

Dan hasil yang lebih diperkirakan sebagai karena dari mikroba ini ialah potensi antibiotik baru. Namun, jenis mikroba apa mereka masih belum diketahui.

"Kami tidak mempunyai cukup data untuk memahami nilai dan ancaman organisme ini. Saya secara rajin mendapatkan pertanyaan perihal apakah akan ada patogen kiamat yang mencair dari gletser. Saya pikir itu risiko yang sangat kecil, tetapi itu bukan risiko nol, jadi kita perlu penilaian risiko mikroba ini," kata Edwards.

Tetapi satu hal yang pasti: para ilmuwan memperkirakan bahwa limpasan glasial dari 10 situs di belahan bumi utara akan melepaskan lebih dari 100.000 ton bakteri selama 80 tahun ke depan.

Angka tersebut setara dengan 650.000 ton karbon yang dilepaskan ke sungai, danau, fjord, dan lautan per tahun, semuanya tergantung pada seberapa cepat gletser mencair, dan apakah manusia bisa mengekang perubahan iklim atau tidak.

"Jumlah mikroba yang dilepaskan sangat tergantung pada seberapa cepat gletser mencair, dan oleh karena itu seberapa banyak kita terus menghangatkan planet ini. Tetapi massa mikroba yang dilepaskan sangat besar bahkan dengan pemanasan sedang," tambah Edwards.

Proses pencairan glasial juga agak bekerja sendiri, karena gletser mencair, mikroba di dalamnya akan meningkatkan proses pemanasan dengan melepaskan pigmen yang mereka gunakan untuk melindungi diri dari kerusakan karena sinar matahari, sehingga meningkatkan proses pemanasan dan menghancurkan tempat asli mereka sendiri.

Para ilmuwan untuk penelitian ini menyusun penelitian mereka memakai sampel air lelehan dari empat gletser di Pegunungan Alpen Eropa, serta gletser di Kanada, Swedia, Svalbard, dan lapisan es Greenland barat.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal Nature Communications Earth and Environment.

Comments