Pemalsu STNK dan BPKB Ditangkap

Nasional

News / Nasional

Pemalsu STNK dan BPKB Ditangkap

Pemalsu STNK dan BPKB Ditangkap

KEPONEWS.COM - Pemalsu STNK dan BPKB Ditangkap Polisi mengungkap kasus pemalsuan dokumen kendaraan bermotor di Kabupaten Bandung. Foto: ANTARA/HO-Polresta Bandung BANDUNG - FH dan TA pemalsu dokumen kendaraan bermotor adalah Buku Pemilik Kendaraan...

Polisi mengungkap kasus pemalsuan dokumen kendaraan bermotor di Kabupaten Bandung. Foto: ANTARA/HO-Polresta Bandung

BANDUNG - FH dan TA pemalsu dokumen kendaraan bermotor adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) diamankan Polresta Bandung.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan mengatakan, para pelaku memalsukan dengan menghapus identitas kendaraan di BPKB dan STNK memakai amplas, kemudian mereka mengubah identitas kendaraan dan menjualnya.

"Laporan dari masyarakat banyak beredar dokumen-dokumen kendaraan bermotor yang diduga dipalsukan, oleh karena itu kami bergerak ke lapangan dan kami menangkap dua pelaku utama FH dan TA," kata Hendra, Senin (29/6).

Hendra mengatakan, banyak warga yang terhambat saat memperpanjang dokumen-dokumen tersebut. Penyebabnya, kata dia, karena petugas menemukan dokumen yang tidak sesuai.

Menurutnya, para pelaku mendapatkan dokumen seperti STNK dan BPKB itu dengan membeli melalui sosmed seharga Rp150 ribu hingga Rp200 ribu.

Dokumen-dokumen tersebut diduga berasal dari orang yang kehilangan kendaraannya.

Lalu dokumen-dokumen tersebut dijual ke banyak sekali wilayah di Indonesia sesuai pesanan dengan harga Rp2,5 juta hingga Rp3 juta. Tindakan kriminal itu, menurutnya, sudah berlangsung semenjak tahun 2018.

"Kami mengimbau apabila membeli kendaraan harus dicek keaslian dokumen. Dicek ke Samsat, bisa jadi dokumen asli tapi dipalsukan. Ada beberapa bagian yang hanya diketahui petugas, sedangkan masyarakat sulit mengetahuinya," katanya.

Pemalsu STNK dan BPKB Ditangkap

Comments