Peluncur Roket TNI yang Paling Ditakuti Negara Tetangga

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Peluncur Roket TNI yang Paling Ditakuti Negara Tetangga

Peluncur Roket TNI yang Paling Ditakuti Negara Tetangga

KEPONEWS.COM - Peluncur Roket TNI yang Paling Ditakuti Negara Tetangga Guna menjaga pertahanan negara Indonesia, TNI AD terus mengembangkan sistem pertahanan agar lebih baik setiap tahunnya. Salah satunya ialah dengan membeli salah satu mesin peluncur roket yang cukup ca...

Guna menjaga pertahanan negara Indonesia, TNI AD terus mengembangkan sistem pertahanan agar lebih baik setiap tahunnya. Salah satunya ialah dengan membeli salah satu mesin peluncur roket yang cukup canggih dari Brazil.

Berdasarkan berita dari website TNI AD Jumat 22 Mei 2020, MLRS (Multi-Launcher Rocket System) merupakan jenis roket unggulan terbaru yang kini dimiliki oleh TNI AD sebagai senjata Bantuan Tembakan.

Roket buatan Avibras Aerospacial Brazil ini mempunyai nama ASTROS (Area Saturation Rocket System), diproduksi pertama kali pada tahun 1983 dan terus dikembangkan sampai sekarang. Seri yang dipilih dan dimiliki Indonesia ialah dari tipe II dan generasi ke-6 (Astros II Mk 6).

VIVA Militer: MLRS Astros II MK6 AV-LMU, Peluncur Roket Andalan TNI AD

Demam isu MLRS ialah ke arah sistem peluncur modular, di mana pengisian ulang amunisi dilakukan bersamaan dengan tabung peluncurnya. Dengan cara mengganti tabung peluncur yang telah kosong dengan tabung peluncur baru yang sudah diisi amunisi.

Apabila di komparasi dengan beberapa negara tetangga, Indonesia yang kini mempunyai roket Astros II MK.6 (Daya jangkau 9-85 km dan akan dikembangkan dengan jenis amunisi caliber baru dengan jarak jangkauan 150-300 km), jumlah launcher per truk berisi 4, 16, hingga 32 peluncur.

Kelebihan Roket Astros II yang dirancang diatas truk 6X6 (AV-LMU) menjadikan roket ini digolongkan sebagai roket gerak sendiri. Dengan kendaraan truk 6 6 dapat melaju hingga 110 km/jam dan jarak jelajah 600 km. Dapat dikatakan Astros II mobilitasnya tinggi, selain dapat bergerak sendiri, karena juga dapat diangkut dengan pesawat Hercules C-130 TNI AU.

VIVA Militer: MLRS Astros II MK6 AV-LMU, Peluncur Roket Andalan TNI AD

Roket Astros II mempunyai multi kaliber, dari jenis SS-09 (kal. 70), SS-30 (kal. 127 mm), SS-40 (kal.180 mm), SS-60 dan 80 (kal.300 mm), SS-150 (kal. 450 mm) serta seri, ASTROS TM-300 (kal.450 mm). ASTROS II mempunyai Fire Control Unit (AV-UCF) sebagai pengendali, pengontrol, terhadap masing-masing baterai saat penembakan.

Selain itu, roket ini juga dilengkapi dengan fire control computer, trajectography radar, digital radio dan back up lainnya. Keunggulan lain dari Astros II ialah munisi dilengkapi dengan hulu ledak sub munisi (copper cone) yang bisa menembus baja dengan ketebalan hingga 20 cm, sehingga bisa menghancurkan kendaraan lapis baja (tank) jenis apapun. Dan tentunya senajata ini sangat ditakuti negara tetangga.

Comments