Pelatih Malaysia Kritik Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Terlalu Agresif dan Menjurus Kasar

Sepakbola

Sports / Sepakbola

Pelatih Malaysia Kritik Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Terlalu Agresif dan Menjurus Kasar

Pelatih Malaysia Kritik Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Terlalu Agresif dan Menjurus Kasar

KEPONEWS.COM - Pelatih Malaysia Kritik Penampilan Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022, Terlalu Agresif dan Menjurus Kasar Mantan pelatih timnas Malaysia, Raja Isa melontarkan kritik keras terhadap penampilan timnas Indonesia U-19 ketika menghadapi Vietnam dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 pada Sabtu (2/7/...

Mantan pelatih timnas Malaysia, Raja Isa melontarkan kritik keras terhadap penampilan timnas Indonesia U-19 ketika menghadapi Vietnam dalam matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 pada Sabtu (2/7/2022) lalu.

Dalam laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi itu, timnas Indonesia U-19 ditahan imbang Vietnam U-19 dengan skor 0-0. Garuda Nusantara kesulitan untuk mengonversi peluang menjadi gol di laga itu.

Menurut Raja Isa, permainan timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong belum meyakinkan. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dinilai terlalu mengandalkan fisik alih-alih bermain rapi dan indah.

Pertandingan matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). (Adie Prasetyo Nugraha).Laga matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (2/7/2022). (Adie Prasetyo Nugraha).

Saya mengapresiasi Indonesia U-19 dengan sumber daya fisik yang melimpah ketika bergegas mengepung pemain Vietnam U-19 setelah peluit awal dibunyikan," ujar Raja Isa dikutip dari media Vietnam, Soha.vn, Senin (4/7/2022).

Tanpa Gol Kontra Vietnam, Shin Tae yong Siapkan Taktik Bertemu Brunei Darussalam

"Mereka aktif melakukan pendekatan untuk memberikan tekanan dan menunjukkan efisiensi dengan cara bermain seperti itu, tambahnya.

Menurut Raja Isa, timnas Indonesia U-19 tidak mempunyai skema yang baik ketika lawan berbalik menguasai bola. Garuda Nusantara hanya mengandalkan permainan proaktif menjurus kasar.

"Ketika lawan merebut bola dan mengerahkan permainan untuk berbalik dan mengontrol, Indonesia U-19 jelas memperlihatkan citra buruk dalam cara bermain," kata Raja Isa.

"Situasi proaktif, bahkan kekerasan, tidak diharapkan dalam turnamen remaja, tambahnya.

Lebih jauh, Raja Isa menilai timnas Indonesia U-19 tidak banyak mempunyai talenta dengan teknik tinggi. Sejauh ini, lanjutnya, hanya kekuatan fisik yang diandalkan.

5 Fakta Pesta Flare Suporter saat Laga Timnas U-19 Vs Vietnam, Shin Tae-yong Ikut Buka Suara

Mereka berinvestasi dan mempersiapkan diri dengan baik sehingga seharusnya tampil meyakinkan dengan penampilan sepakbola yang indah, bukan kebiasaan lama seperti yang masih kita lihat di level timnas, kritik Raja.

Kekuatan timnas Indonesia U-19 selain kekuatan fisik dan kecepatan sebenarnya tidak banyak dalam cara bermain, mereka masih bergantung pada individu, biasanya di sini ialah Ronaldo Kwateh, tambahnya.

Setelah mendapat jatah libur kurang lebih satu hari, timnas Indonesia U-19 akan memainkan matchday kedua Grup A Piala AFF U-19 2022 kontra Brunei Darussalam. Laga akan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022) pukul 20.00 WIB.

Comments