Pelantikan Biden: Bagaimana proses peralihan kekuasaan di Gedung Putih?

Internasional

News / Internasional

Pelantikan Biden: Bagaimana proses peralihan kekuasaan di Gedung Putih?

Pelantikan Biden: Bagaimana proses peralihan kekuasaan di Gedung Putih?

KEPONEWS.COM - Pelantikan Biden: Bagaimana proses peralihan kekuasaan di Gedung Putih? Jejak-jejak terakhir dari kepresidenan Donald Trump akan terhapus pada hari Rabu (20/01), saat Joe Biden masuk ke Gedung Putih. Meja-meja dan kamar-kamar dibersihkan, dan para ajudan presiden akan dig...

Jejak-jejak terakhir dari kepresidenan Donald Trump akan terhapus pada hari Rabu (20/01), saat Joe Biden masuk ke Gedung Putih. Meja-meja dan kamar-kamar dibersihkan, dan para ajudan presiden akan digantikan oleh tim baru yang ditunjuk secara berdasarkan garis politik. Itu semua merupakan bagian dari transformasi besar-besaran yang dibawa presiden baru ke dalam pusat pemerintahan.

Pada suatu malam pekan lalu, Stephen Miller, seorang penasihat kebijakan dan tokoh sentral di Gedung Putih di bawah Trump, sedang bersantai di West Wing.

Miller, yang telah menyusun pidato dan kebijakan untuk presiden semenjak masa awal jabatannya, juga merupakan salah satu dari sedikit anggota tim awal presiden yang masih bersamanya hingga akhir.

Sambil bersandar ke dinding dan mengobrol dengan rekan-rekan kerja wacana pertemuan yang dijadwalkan untuk hari itu, dia sepertinya tidak tampak terburu-buru untuk pergi.

West Wing biasanya ramai dengan banyak sekali aktivitas tetapi kini tampak sepi. Telepon tidak ada yang berdering. Meja-meja di dalam kantor-kantor yang tidak ditempati dipenuhi kertas-kertas dan surat-surat yang belum dibuka, seolah-olah orang-orang telah pergi dengan tergesa-gesa dan tidak akan kembali. Puluhan pejabat senior dan ajudan mengundurkan diri setelah kerusuhan di Gedung Capitol pada 6 Januari. Sejumlah loyalis, seperti Miller, menetap.

Saat percakapan mulai reda, dia memisahkan diri dari rekan-rekannya. Ketika saya bertanya ke mana dia menuju selanjutnya, dia tersenyum. "Kembali ke kantorku," katanya dan berjalan santai di aula.

'Banyak sekali tantangan'

Pada hari pelantikan, kantor Miller akan dibersihkan dari segala tanda bekas bahwa dia dan rekan-rekannya pernah ada di sana, dan siap untuk dimasuki tim Biden.

Pembersihan kantor-kantor West Wing, dan transisi antara presiden, merupakan bagian dari tradisi yang sudah ada semenjak berabad-abad lalu. Ini merupakan proses yang tidak selalu dipenuhi dengan kehangatan.

Presiden lain yang dimakzulkan, Andrew Johnson, seorang Demokrat, mengabaikan pengganti dari Partai Republik, Ulysses S Grant, pada tahun 1869 dan melewatkan acara pelantikan. Grant, yang menyokong pencopotan Johnson dari jabatannya, hampir tidak terkejut.

Karyawan memindahkan barang-barangBBCKaryawan mengangkut dokumen dan hiasan dinding dari Gedung Putih.

Tahun ini, bagaimanapun, proses transisi itu menonjol karena kesengitan yang berlangsung. Proses transisi biasanya dimulai langsung setelah pemilihan, namun kali ini tertunda dan hanya dimulai beberapa minggu kemudian karena Trump menolak mendapatkan hasil pemungutan suara. Presiden mengatakan dia tidak akan menghadiri pelantikan. Kemungkinan besar, dia malah akan melakukan perjalanan ke klub Mar-a-Lago miliknya di Florida.

Comments