Pelajari Definisi Lembaga Sosial, Karakteristik dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pelajari Definisi Lembaga Sosial, Karakteristik dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

Pelajari Definisi Lembaga Sosial, Karakteristik dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui

KEPONEWS.COM - Pelajari Definisi Lembaga Sosial, Karakteristik dan Jenis-jenisnya yang Perlu Diketahui Lembaga sosial jadi salah satu bentuk terjadinya interaksi sosial antara manusia di masyarakat. Lembaga sosial juga banyak jenisnya di masyrakat. Namun pertanyaanya apa itu pengertian lembaga sosial?...

Lembaga sosial jadi salah satu bentuk terjadinya interaksi sosial antara manusia di masyarakat. Lembaga sosial juga banyak jenisnya di masyrakat. Namun pertanyaanya apa itu pengertian lembaga sosial?

Pengertian lembaga sosial

Mengutip Ruang Guru, Selasa (30/11/2021) menurut Koentjaraningrat, lembaga sosial merupakan sistem tata kelakukan dan hubungan yang didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam banyak sekali bidang kehidupan seperti bidang ekonomi, politik, sosial, dan budaya.

Bergelar Pewaris Takhta Tertua di Dunia, Kondisi Kesehatan Pangeran Charles Jadi Perhatian

Selain itu, lembaga sosial dibentuk agar masyarakat dapat hidup dengan teratur.

Karakteristik lembaga sosial

Mempunyai simbol sendiri, sebagai tanda khasan atau ciri khusus lembaga.Mempunyai tata tertib dan tradisi, sebagai panutan secara tertulis dan tidak tertulis oleh anggotannya.Usianya lebih lama sehingga terjadi pewarisan dari generasi ke generasi.Mempunyai ideologi atau sistem gagasan mendasar yang dimiliki bersama, dianggap ideal oleh anggotanya.Mempunyai alat kelengkapan untuk mewujudkan tujuan lembaga.Mempunyai tingkat kekebalan atau daya tahan, tidak akan lenyap begitu saja.

Jenis-jenis lembaga sosial

1. Lembaga Keluarga

Ilustrasi keluarga islam, keluarga muslim (elemen envato)Ilustrasi keluarga islam, keluarga muslim (elemen envato)

Keluarga disebut lembaga karena dalam keluarga terdapat aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh seluruh anggota, misalnya aturan larangan pulang malam bagi semua anak-anak. secara pengertian keluarga merupakan kesatuan (masyarakat) yang terkecil.

Anak Nagita dan Aurel Ramai Dijodohkan, Keluarga Raffi Ahmad Tertawa Ngakak

Di bawah ini ialah beberapa fungsi dari lembaga keluarga:

Comments