Pelabuhan Patimban Siap Tampung Luapan Volume Ekspor Produk Otomotif

Otomotif

News / Otomotif

Pelabuhan Patimban Siap Tampung Luapan Volume Ekspor Produk Otomotif

Pelabuhan Patimban Siap Tampung Luapan Volume Ekspor Produk Otomotif

KEPONEWS.COM - Pelabuhan Patimban Siap Tampung Luapan Volume Ekspor Produk Otomotif Laporan Reporter Kontan, Abdul Basith Bardan JAKARTA - Pelabuhan Patimban akan menampung ekspor otomotif Indonesia. Pasalnya, lokasi Patimban dekat dengan pusat industri otomotif. "Potensi awal itu me...

Laporan Reporter Kontan, Abdul Basith Bardan

JAKARTA - Pelabuhan Patimban akan menampung ekspor otomotif Indonesia. Pasalnya, lokasi Patimban dekat dengan pusat industri otomotif.

"Potensi awal itu merupakan otomotif dimana otomotif itu sekarang sentranya ada di Bekasi, Karawang, dan Purwakarta," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai rapat terbatas melalui video conference, Selasa (22/9/2020).

Indonesia saat ini tengah menggenjot produksi otomotif. Hingga tahun 2025 mendatang Airlangga menyebut ada tambahan produksi otomotif yang mencapai 2 juta kendaraan.

Sebesar 40% dari tambahan produksi tersebut didorong untuk masuk dalam pasar ekspor. Sehingga diperkirakan tambahan ekspor sebesar 700.000 hingga 800.000 kendaraan.

Garap Sektor Kesehatan, Isuzu MU-X Jadi Armada Ambulans

"Sedangkan ekspor pada hari ini melalui Pelabuhan Tanjung Priok sekitar 200.000 kendaraan," terang Airlangga.

Integrasi antara pelabuhan dengan pusat tersebut disebut Airlangga sesuai dengan tujuan pembangunan.

Murah, Ini 5 Deretan Mobil Bekas yang Bisa Kamu Miliki dengan Dana Rp 30 Jutaan Saja

Selain kendaraan, mengingat ada banyak industri di daerah tersebut, ditargetkan Pelabuhan Patimban juga akan mendorong ekspor produk lain.

Keberadaan Patimban diyakini akan menarik untuk industri berorientasi ekspor. Patimban direncanakan menjadi calling port yang akan terkoneksi dengan pelabuhan besar lain di utara Jawa adalah Tanjung Priok dan Tanjung Perak.

Proyek Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut

Asal tahu saja saat ini koridor utara Jawa tengah dikembangkan sejumlah daerah industri. Pusat pertumbuhan industri di Jawa ada wilayah pusat di Banten, terdiri dari Cilegon, Tangerang, dan Serang.

Kemudian di Jawa Barat bagian Barat, yaitu Bogor, Bekasi, Karawang, Purwakarta, dan Subang. Lalu wilayah pengembangan industri di Jawa Barat bagian timur itu daerah baru Rebana, serta tempat Pelabuhan Patimban yaitu Cirebon, Indramayu, dan Majalengka.

Untuk wilayah Jawa Tengah, sambung Airlangga, ada Batang, Kendal, Semarang, dan Demak. Sementara di Jawa Timur ada Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, dan Bangkalan.

Pelabuhan Patimban Siap Tampung Luapan Volume Ekspor Produk Otomotif

Comments