Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker?

Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker?

KEPONEWS.COM - Payudara Sering Gatal, Apakah Tanda Kanker? Payudara gatal mungkin menjadi umum bagi sebagian wanita, tetapi bila gatalnya tidak berhenti, hal itu bisa menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman di depan umum. Bila gatal berlangsung lama hingga men...
Loading...

Payudara gatal mungkin menjadi umum bagi sebagian wanita, tetapi bila gatalnya tidak berhenti, hal itu bisa menimbulkan rasa malu dan tidak nyaman di depan umum. Bila gatal berlangsung lama hingga menyebar ke bagian tubuh yang lain, sebaiknya Kamu cepat memeriksakannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gatal pada payudara biasanya terjadi karena alasan yang sama seperti gatal di area lain seperti stimulasi ujung saraf. Tetapi ada pula yang mengatakan bahwa merasakan payudara gatal bisa jadi tanda mengalami kanker. Benarkah?

Dilansir dari Metro, Jumat (18/10/2019), Dr Clare Morrison, dokter umum dan penasihat medis di Medexpress, mengatakan jangan panik bila payudara terasa gatal. Memang benar bahwa gatal pada payudara dapat menjadi tanda kanker payudara, radang kanker payudara, khususnya, yang dapat menyebabkan kemerahan, peradangan, nyeri, dan pembengkakan, tetapi hal ini sangat jarang terjadi.

Ada penyebab lain gatal yang jauh lebih mungkin. Dr Clare mengatakan bahwa payudara yang gatal jauh lebih mungkin mempunyai penjelasan yang tidak mengancam.

Perempuan memegang payudara

Biasanya payudara gatal terjadi ketika ada iritasi pada kulit. Ini mungkin karena pembengkakan atau radang payudara, seperti pada kehamilan, perubahan pramenstruasi, atau obat hormon, termasuk kontrasepsi.

"Mungkin juga karena keluhan kulit seperti dermatitis, kulit kering, terbakar sinar matahari, atau alergi. Seperti bagian tubuh lainnya, kulit payudara mengalami gangguan kulit, seperti kekeringan, eksim (juga dikenal sebagai dermatitis), psoriasis, alergi, gigitan serangga, dan infeksi," ujarnya.

"Gatalnya bagian payudara yang terbuka dan dada bagian atas dapat disebabkan oleh sengatan matahari, dan alergi matahari," tambahnya.

Bersamaan dengan kondisi kulit, mempunyai kondisi payudara yang gatal dapat disebabkan oleh aktivitas atau bra yang terbuat dari bahan sintetis yang memperburuk kondisi kulit. Dokter Clare pun menambahkan bahwa gatal di payudara biasanya disebabkan oleh panas yang berlebihan dan karena keringat. Hal ini dapat menyebabkan jerawat dan infeksi jamur.

Karena hal inilah, penting memakai bra yang pas dan nyaman untuk payudara. Di bawah payudara, kelembapan yang terperangkap dapat menyebabkan infeksi kulit, yang bisa berupa bakteri atau jamur.

Selanjutnya

Comments