Paus beluga, kucing dan kelelawar: Hewan yang menjadi mata-mata

Internasional

News / Internasional

Paus beluga, kucing dan kelelawar: Hewan yang menjadi mata-mata

Paus beluga, kucing dan kelelawar: Hewan yang menjadi mata-mata

KEPONEWS.COM - Paus beluga, kucing dan kelelawar: Hewan yang menjadi mata-mata Seekor paus beluga ditemukan dengan tali pengikat yang tampaknya buatan Rusia telah memicu kekhawatiran para pejabat Norwegia. Muncul spekulasi jikalau hewan itu mungkin telah melarikan diri dari fasi...

Seekor paus beluga ditemukan dengan tali pengikat yang tampaknya buatan Rusia telah memicu kekhawatiran para pejabat Norwegia.

Muncul spekulasi jikalau hewan itu mungkin telah melarikan diri dari fasilitas militer Rusia. Bahkan banyak pihak yang menganggap hewan itu sebagai mata-mata.

Alasan di balik kecurigaan itu muncul karena si paus putih itu mengenakan tali dan tulisan yang menyebut paus itu berasal dari St Petersburg di Rusia.

Rusia membantahnya dan sejauh ini si paus beluga juga tak bisa menjawab kecurigaan itu.

Terlepas dari mana yang benar, ini bukan pertama kalinya hewan digunakan untuk memata-matai.

Operasi Kitty An angry catGetty Images

Jikalau ada satu hal yang kita ketahui perihal kucing, mereka melakukan apa pun yang mereka inginkan, kapan pun mereka mau.

Memang, mereka tidak bisa ditebak dan tidak mungkin ditebak, jadi itu sebabnya CIA mengira mereka akan menjadi operator lapangan yang unggul.

Pada 1960-an, diperkirakan US$14 juta atau Rp200 miliar dihabiskan untuk proyek yang sesuai dengan alat bantu pendengaran di dalam indera pendengaran kucing.

Idenya ialah agar mereka dapat merekam suara sambil berkeliaran di antara intelijen vital Rusia.

Tetapi itu berakhir dengan kegagalan pada hari pertama - ketika kucing ditabrak oleh mobil di luar Kedutaan Soviet di Washington.

Bom kelelawar flying batsGetty Images

Comments