Patut Dicoba, Begini Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Patut Dicoba, Begini Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Patut Dicoba, Begini Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

KEPONEWS.COM - Patut Dicoba, Begini Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik KOLESTEROL ialah salah satu komponen lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Kadar kolesterol yang dibutuhkan ialah 200mg per hari. Walaupun kolesterol tinggi berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan pe...

KOLESTEROL ialah salah satu komponen lemak yang dibutuhkan oleh tubuh. Kadar kolesterol yang dibutuhkan ialah 200mg per hari. Walaupun kolesterol tinggi berbahaya bagi tubuh karena bisa menyebabkan penyakit seperti stroke dan serangan jantung, tubuh tetap memerlukan kolesterol untuk membangun dinding-dinding sel.

Kolesterol yang berbahaya bagi tubuh bila kadarnya tinggi ialah lipoprotein low-density (LDL) atau yang biasa dikenal dengn kolesterol jahat dan trigliserida. Namun ternyata, ada kolesterol yang harus dimiliki tubuh dalam kadar tinggi yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal dengan nama kolesterol baik.

Kolesterol HDL membantu membersihkan tubuh dari kolesterol jahat dan mencegah terjadinya penyumbatan di pembuluh darah yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Beberapa kolesterol HDL juga bertindak sebagai antioksidan yang membantu menjaga agar LDL tidak diserang oleh radikal bebas sehingga tidak lebih berbahaya.

Itulah alasan mengapa HDL disebut sebagai kolesterol baik. Hal itu pula yang membuat kandungan kolesterol HDL di dalam tubuh harus tinggi. Alasannya adalah apabila kadar HDL rendah bisa memicu terjadinya pengerasan pembulu darah dan timbulnya penyakit kardiovasikular lebih awal.

Lalu bagaimana caranya agar kadar kolesterol HDL tinggi? Simak beberapa cara yang dilansir dari Healthline, Sabtu (17/6/2017) berikut.

1. Workout

Anda hanya memerlukan waktu selama 30 menit untuk meningkatkan detak jantung agar kadar kolesterol HDL naik. Lakukan kegiatan workout seperti berjalan, berlari, berenang, dan bersepeda lima kali seminggu.

2. Tidak merokok

Merokok merupakan penyebab turunnya kolesterol HDL tapi meningkatkan kolesterol jahat. Berhenti merokok bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL hingga 10%.

3. Pilih lemak sehat

Sama seperti kolesterol, lemak pun ada lemak baik dan buruk. Makan makanan berlemak seperti minyak zaitun, makanan mengandung omega-3, dan alpukat dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL Anda.

4. Minum alkohol

Tidak sembarang alkohol bisa Anda minum untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL. Pilihlah alkohol moderat paling tidak satu kali sehari.

5. Berkonsultasi dengan dokter

Agar lebih mengetahui dengan terang cara-cara menaikan kolesterol baik, Anda harus berkonsultasi dengan dokter supaya mendapat anjuran yang tepat.

Patut Dicoba, Begini Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik

Comments