Patah Tulang, Korban Terbanyak Tsunami Banten

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Patah Tulang, Korban Terbanyak Tsunami Banten

Patah Tulang, Korban Terbanyak Tsunami Banten

KEPONEWS.COM - Patah Tulang, Korban Terbanyak Tsunami Banten KORBAN bencana tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung terus bertambah. Menurut data sementara yang dihimpun Posko BNPB hingga pukul 16.00 WIB hari ini, tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 oran...

KORBAN bencana tsunami yang terjadi di Banten dan Lampung terus bertambah. Menurut data sementara yang dihimpun Posko BNPB hingga pukul 16.00 WIB hari ini, tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka, dan 28 orang hilang.

Pasca terjadinya musibah ini, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mendirikan 5 posko di puskesmas area terdampak, adalah Carita, Labuan, Panimbang, Cibaliung, dan Sumur untuk penanganan medis tanggap darurat. Hal ini disampaikan oleh Ketua IDI wilayah Banten, Hendrarto, SpTHT.

Pendirian 5 poski tersebut dilakukan oleh IDI Banten dibantu oleh sekira 100 tim medis dari IDI Cabang, PAPDI (Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia), PABOI (Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia), dan PDEI (perhimpunan dokter emergensi Indonesia).

(Pasca tsunami di Banten, Foto: Rescue Perindo)

(Ini Daftar Pantai dan Hotel yang Terdampak Tsunami di Lampung)

"Untuk penanganan operasi dan perawatan korban tingkat lanjut ditangani oleh 5 RS dan RSU di Banten: RS Drajat, RSUD Banten, RSU Pandeglang, RS Berkah, RS Sari Asih," jelas dr Atep Supriadi, SpEm, Koordinator lapangan tim medis IDI Banten dalam keterangan resmi, Minggu (23/12/2018).

Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia (PDEI) sekaligus Sekjen Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (PABOI), dr Moh Adib Khumaidi, SpOT mengatakan, saat ini jumlah korban terbanyak paling membutuhkan penanganan ortopedi dan stress berat.

(Unggahan '"Pulang" Bani Seventeen Sebelum Terkena Tsunami, Netizen: Dia pun Benar-Benar Pulang)

"Saat ini tim medis sedang melangsungkan penanganan operasi ortopedi (bedah tulang) dan bedah syaraf bagi para korban. Dalam situasi bencana seperti ini, jumlah korban terbanyak paling membutuhkan penanganan ortopedi dan stress berat," kata dr Adib.

Sekadar diketahui, tsunami terjadi di Selat Sunda meliputi Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan pada Sabtu (22/12) pukul 21.27 WIB.

(tam)

Comments