Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini

Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini

KEPONEWS.COM - Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini Jakarta, Skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan di mana seseorang yang mengalaminya bisa mengalami halusinasi, muncul pikiran tidak terang, dan mendengar suara-suara yang di dalam pikiran. Hal ini se...
Jakarta, Skizofrenia merupakan penyakit kejiwaan di mana seseorang yang mengalaminya bisa mengalami halusinasi, muncul pikiran tidak terang, dan mendengar suara-suara yang di dalam pikiran. Hal ini sering membuat para penyandang skizofrenia jadi terpaksa menarik diri dari aktivitas sehari-hari.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan namun bisa dicegah atau ditekan dengan banyak sekali macam terapi. Salah satu terapi tersebut yang paling baru ialah dengan menggunakan game seperti diteliti oleh para ilmuwan Inggris.

Dalam eksperimen kecil dr Natasza Orlov dari King's College London meminta 12 pasien skizofrenia untuk main game mendaratkan roket. Agar roket ini bisa sukses mendarat para pasien harus mengikuti taktik dalam pikirannya dan hal ini yang diharapkan dapat menekan halusinasi suara.

Tes MRI menunjukkan dengan cara ini pasien dapat lebih mengontrol bagian otak yang sensitif terhadap suara manusia. Dampaknya mereka pun melaporkan halusinasi yang lebih halus dibandingkan sebelum terapi dengan game.

"Meski studi ini masih dalam skala kecil dan tidak ada kelompok kontrol, hasilnya cukup memuaskan," kata dr Natasza seperti dikutip dari BBC, Selasa (12/2/2018).

"Kami berencana akan menguji teknik ini pada sampel tak terencana yang lebih besar," lanjutnya.

Dengan adanya terapi baru diharapkan akan membawa pilhan untuk para pasien skizofrenia yang mungkin tidak bereaksi dengan baik terhadap terapi yang sudah ada saat ini.

(fds/up)

Pasien Skizofrenia Bisa Kendalikan Halusinasinya Berkat Game Ini

Comments