Pasien Diabetes Puasa Ramadhan, Biar Aman Terapkan Strategi Ini

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pasien Diabetes Puasa Ramadhan, Biar Aman Terapkan Strategi Ini

Pasien Diabetes Puasa Ramadhan, Biar Aman Terapkan Strategi Ini

KEPONEWS.COM - Pasien Diabetes Puasa Ramadhan, Biar Aman Terapkan Strategi Ini IBADAH puasa Ramadhan 1442 Hijriah sudah beberapa hari dijalani umat Islam di dunia. Semua kaum kaum Muslimin pun bersemangat menjalankannya, termasuk para pasien diabetes. Mereka tetap bisa menjalank...

IBADAH puasa Ramadhan 1442 Hijriah sudah beberapa hari dijalani umat Islam di dunia. Semua kaum kaum Muslimin pun bersemangat menjalankannya, termasuk para pasien diabetes. Mereka tetap bisa menjalankan ibadah puasa, tapi harus menerapkan taktik khusus.

Dokter spesialis penyakit dalam dari Universitas Sriwijaya, Lingga Gumelar, mengatakan pasien diabetes supaya aman menjalankan ibadah puasa bisa dibarengi dengan olahraga. Mereka tetap bisa olahraga walaupun sedang puasa Ramadhan, tapi harus memerhatikan sejumlah hal, salah satunya waktu.

Makanan Sehat untuk Diabetes Tipe 1, Apa Saja?

"Sebaiknya lakukan olahraga 1 2 jam sebelum berbuka puasa agar tidak mengakibatkan gula darah terlalu rendah," ujar dr Lingga dalam sebuah diskusi virtual, seperti dikutip dari Antara, Kamis (15/4/2021).

Menurut dia, sama seperti orang sehat pada umumnya, olahraga tidak boleh dilakukan berlebihan apalagi selama berpuasa karena bisa memicu gula darah terlalu rendah.

Ilustrasi diabetes. (Foto: Boldsky)

Menjaga tubuh tetap aktif selama Ramadhan sebenarnya juga bisa melalui rajin melakukan sholat, termasuk sholat sunah tarawih. Ia mengatakan, melakukan Sholat Tarawih yang juga mencakup gerakan dalam sholat biasanya adalah gerakan sujud, rukuk, berdiri yang bisa dianggap sebagai aktivitas fisik.

Terkait pengaturan makan, dr Lingga merekomendasikan pasien memenuhi 50 persen kebutuhan energinya dalam sehari saat berbuka puasa yang terbagi menjadi 10 persen makanan ringan sebelum Sholat Magrib dan 40 persen makanan utama sesudah Sholat Magrib.

13 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2, Yuk Segera Dilakukan

Kemudian 10 persen makanan ringan sesudah Shalat Tarawih dan makanan utama sebesar 40 persen pada saat sahur.

Makanan yang dikonsumsi harus bergizi seimbang dengan proporsi karbohidrat 45 65 persen, protein 15 20 persen, dan lemak 20 25 persen. Pasien juga jangan melupakan zat gizi lain seperti mineral serta vitamin.

Comments