Pasca Uji Coba Rudal Korut, Presiden AS Ungkap Kekecewaan pada China

Internasional

News / Internasional

Pasca Uji Coba Rudal Korut, Presiden AS Ungkap Kekecewaan pada China

Pasca Uji Coba Rudal Korut, Presiden AS Ungkap Kekecewaan pada China

KEPONEWS.COM - Pasca Uji Coba Rudal Korut, Presiden AS Ungkap Kekecewaan pada China SEOUL â?? Uji coba rudal balistik antar benua (ICBM) yang sukses dilakukan oleh Korea Utara (Korut) pekan ini mendapat reaksi keras dari Amerika Serikat (AS). Selain memberikan peringatan...
Loading...

SEOUL â?? Uji coba rudal balistik antar benua (ICBM) yang sukses dilakukan oleh Korea Utara (Korut) pekan ini mendapat reaksi keras dari Amerika Serikat (AS). Selain memberikan peringatan keras pada Pyongyang, Presiden AS Donald Trump juga mengungkapkan kekesalannya pada China.

BACA JUGA: Korut Luncurkan Rudal Antarbenua Kedua, Militer AS-Korsel Gelar Latgab

BERITA REKOMENDASI

Korut mengklaim rudal balistik yang mereka uji coba dapat menjangkau dataran AS termasuk kota seperti Chicago. Pemimpin Besar Korut, Kim Jong-un mengatakan peluncuran tersebut sebagai sebuah peringatan keras bagi AS bahwa mereka tidak akan bisa menghindari kerusakan kalau mencoba menyerang Korut.

Menyusul peluncuran rudal tersebut, Beijing yang merupakan sekutu dekat Pyongyang menyatakan menentang tindakan Korut yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB dan permintaan masyarakat internasional. Kementerian Luar Negeri China juga meminta semua pihak untuk bertindak dengan hati-hati dan mencegah peningkatan ketegangan dan menjaga perdamaian.

Sehari setelah uji coba, Presiden AS, Donald Trump mengungkapkan kekecewaannya pada China yang dianggap tidak melakukan tindakan apa pun terkait Korut. Trump menegaskan bahwa hal seperti ini tidak akan dibiarkan terjadi lagi.

"Saya sangat kecewa di China. Pemimpin terdahulu kita yang bodoh telah membiarkan mereka menghasilkan ratusan miliar dolar setahun dalam perdagangan, namun mereka tidak melakukan apa-apa untuk kita dengan Korea Utara, hanya berbicara, kita tidak akan membiarkan hal ini berlanjut lagi. China dapat dengan mudah menyelesaikan masalah ini!" cuit Trump melalui akun Twitternya sebagaimana dikutip Reuters, Minggu (20/7/2017).

Senat AS telah menyetujui paket sanksi kepada Korut yang tampaknya akan memasukkan tindakan yang diambil terhadap institusi China yang melakukan usaha dengan Pyongyang. Washington juga menyatakan tengah mempersiapkan sanksi baru untuk menghambat program senjata Korut, termasuk tindakan terhadap institusi keuangan China.

Pasca Uji Coba Rudal Korut, Presiden AS Ungkap Kekecewaan pada China

Comments