Pasar Mobil LCGC Mulai Redup

Otomotif

News / Otomotif

Pasar Mobil LCGC Mulai Redup

Pasar Mobil LCGC Mulai Redup

KEPONEWS.COM - Pasar Mobil LCGC Mulai Redup JAKARTA Terjadi penurunan minat masyarakat pada tipe kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car/LCGC). Hal tersebut terlihat dalam rekam penjualan yang dikeluarkan Gabungan...

JAKARTA Terjadi penurunan minat masyarakat pada tipe kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car/LCGC). Hal tersebut terlihat dalam rekam penjualan yang dikeluarkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) pada semester pertama 2019.

Total penjualan kendaraan yang mayoritas memakai mesin kapasitas di bawah 1.200 cc tersebut berkisar 100.792 unit dalam kurun Januari hingga Juni 2019 lalu. Penjualan terbesar muncul pada April 2019 adalah sebanyak 19.406 unit kendaraan. Sementara, angka paling kecil terlihat dalam penjualan selama Juni 2019 lalu, yang hanya menyentuh 10.727 unit.

Calya

Besaran tersebut menurun dibandingkan nilai penjualan pada periode semester pertama 2018 yang memperlihatkan penjualan sebesar 115.076 unit. Berdasarkan perbandingan dengan data tahun sebelumnya itu, penurunan penjualan LCGC mencapai sekitar 12,4 persen. Sepanjang tahun lalu kendaraan tipe LCGC sendiri terjual sebanyak 230.443 unit berdasarkan data pada laman resmi GAIKINDO tersebut.

Beberapa produsen menyadari pergeseran minat masyarakat pada kendaraan murah ini, terlebih dengan menguatnya isu kehadiran mobil listrik dengan segera terwujudnya regulasi dari pemerintah. Namun, kami belum mengetahui alasan pastinya mengapa respons pasar menurun terkait LCGC ini, ujar General Manager Marketing PT Toyota Astra Motor, Franciscus Soerjopranoto.

Dari segi model Daihatsu Sigra, Honda Brio, dan Toyota Calya masih memimpin dalam angka penjualan selama semester pertama 2019. Secara spesifik bila dihitung berdasarkan tipe Honda Brio Satya E laku sebanyak 21.901 unit, untuk transmisi manual maupun otomatis. Sedangkan untuk model Toyota Calya 1.2 G terjual sebanyak 18.720, diikuti oleh Daihatsu Sigra 1.2 R MT adalah 13.113 unit.

(muf)

Comments