Pasangan Menikah Sering Terlihat Berwajah Mirip, Ini Penjelasannya

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Pasangan Menikah Sering Terlihat Berwajah Mirip, Ini Penjelasannya

Pasangan Menikah Sering Terlihat Berwajah Mirip, Ini Penjelasannya

KEPONEWS.COM - Pasangan Menikah Sering Terlihat Berwajah Mirip, Ini Penjelasannya Jakarta -Sering melihat pasangan yang sudah menikah lama tampak kompak dan menjadi mirip seperti saudara termuda dan kakak? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya.Kesamaan antar pasangan bukan karena kebet...
Jakarta -Sering melihat pasangan yang sudah menikah lama tampak kompak dan menjadi mirip seperti saudara termuda dan kakak? Ternyata ada penjelasan ilmiahnya.

Kesamaan antar pasangan bukan karena kebetulan. Menurut penelitian dari EurekAlert karena pasangan menikah memiliki kemiripan gen. Benarkah?

Dari penelitian tersebut terungkap bahwa pasangan menikah bisa jadi memiliki nenek moyang yang sama. Hal ini bermula dari generasi terdahulu yang cenderung menikah dengan orang yang masih dalam hubungan keluarga.

Foto: ilustrasi/thinkstock
Menurut penulis penelitian, hingga tahun-tahun berikutnya banyak orang yang mencari pasangan di area sekitarnya saja. Mereka mencari latar belakang pendidikan yang sama, hobi yang sama dan tanpa disadari garis wajah yang sama.

Hal tersebut berkaitan dengan faktor genetik. Artinya orang yang memiliki kemiripan dengan kita cenderung memiliki DNA atau gen yang sama.

Penelitian yang dilakukan semenjak 1948 itu menemukan bahwa 879 pasangan menikah dari Eropa Timur, Eropa Selatan dan Ashkenazi ternyata memiliki latar belakang yang sama.

Seperti dikutip darI Elite Daily, tim peneliti menyebut hubungan yang masih memiliki gen yang sama atau mirip ialah hubungan 'positif palsu'. Artinya terlihat positif di luar karena mereka tampak kompak atau adanya kemiripan wajah, namun juga rentan dengan penyakit.

Foto: Thinkstock
Pasangan bisa memiliki penyakit bawaan yang sama. Hal tersebut akan terus turun-temurun hingga ke anak-cucu.

Meski begitu, tim peneliti kini melihat banyak kaum muda yang sudah memilih pasangan yang beragam dari banyak sekali latar belakang. Menurut tim peneliti, hal tersebut lebih baik dibanding masih dalam satu gen. (kik/hst)

Comments