Pasang Kamera Tersembunyi di 30 Hotel, 4 Lelaki Ini Ditangkap

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pasang Kamera Tersembunyi di 30 Hotel, 4 Lelaki Ini Ditangkap

Pasang Kamera Tersembunyi di 30 Hotel, 4 Lelaki Ini Ditangkap

KEPONEWS.COM - Pasang Kamera Tersembunyi di 30 Hotel, 4 Lelaki Ini Ditangkap Ilustrasi kamera CCTV. (Pixabay/cctvsmartsystems) Empat orang laki-laki diciduk dan dituding telah memasang kamera tersembunyi dan diam-diam merekam 1.600 tamu hotel di Korea Selatan, parahnya lagi r...

Ilustrasi kamera CCTV. (Pixabay/cctvsmartsystems)

Empat orang laki-laki diciduk dan dituding telah memasang kamera tersembunyi dan diam-diam merekam 1.600 tamu hotel di Korea Selatan, parahnya lagi rekaman tersebut kemudian dijual kembali di internet.

Dilansir dari BBC, Rabu (20/3/2019), keempat lelaki itu memasang kamera berlensa 1 milimeter pada Agustus 2018 lalu di 30 hotel di 10 kota berbeda.

Kamera-kamera mini itu disembunyikan di perangkat televisi, pengering rambut, dan colokan listrik dalam kamar hotel.

Lalu pada November 2018, mereka membuat sebuah website. Dalam website itu video-video yang sudah disunting menjadi sepanjang 30 detik tadi dijual.

Mereka disebut sudah mengunggah 803 video ke website tersebut. Selama ini mereka sukar disentuh hukum karena menempatkan server di luar negeri.

Ilustrasi kamera CCTV. (Pixabay/Stocksnap)Ilustrasi kamera CCTV. (Pixabay/Stocksnap)

Website tersebut, yang bulan ini akhirnya ditutup, mempunyai 97 pelanggan berbayar.

"Polisi akan menindak tegas para kriminal yang mengunggah dan menyebarkan video ilegal, karena mereka merusak martabat manusia," kata juru bicara kepolisian Seoul.

Di Korea Selatan sendiri memproduksi dan menyebarkan material pornografi dilarang oleh hukum. Jikalau terbukti bersalah, empat orang tadi bisa dipenjara selama 10 tahun dan dikenai denda sebesar 30 juta won atau sekitar Rp 375 juta.

Merekam video orang telanjang atau sedang berhubungan seks secara diam-diam sedang mewabah di Korea Selatan. Banyak video diproduksi oleh kamera-kamera yang disembunyikan di dalam toilet dan kamar ganti. Sebagian video disebarkan oleh mantan kekasih sebagai bentuk balas dendam,

Selama 2017 ada polisi Korsel menangani 6.000 kasus video yang direkam diam-diam. Jumlah itu naik drastis dari 2012 yang hanya berjumlah 2.400 kasus.

Lebih dari 5.400 orang diciduk polisi karena diduga memasang kamera tersembunyi pada 2017, tetapi kurang dari 2 persen yang dipenjara.

Tahun lalu ribuan perempuan di Seoul berkali-kali menggelar demonstrasi untuk mendesak pemerintah menjatuhkan hukuman lebih berat kepada para pemasang kamera tersembunyi.(Liberty Jemadu)

Comments