Pariwisata ke Luar Angkasa, Ajang Pamer Segelintir Orang Tajir Dunia?

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Pariwisata ke Luar Angkasa, Ajang Pamer Segelintir Orang Tajir Dunia?

Pariwisata ke Luar Angkasa, Ajang Pamer Segelintir Orang Tajir Dunia?

KEPONEWS.COM - Pariwisata ke Luar Angkasa, Ajang Pamer Segelintir Orang Tajir Dunia? MENURUT sebagian orang, bangkitnya pariwisata ke luar angkasa alias antariksa komersial dianggap sebagai sebuah pamer kekayaan dan kekuasaan di dunia. Di tengah beberapa krisis global seperti perubaha...

MENURUT sebagian orang, bangkitnya pariwisata ke luar angkasa alias antariksa komersial dianggap sebagai sebuah pamer kekayaan dan kekuasaan di dunia.

Di tengah beberapa krisis global seperti perubahan iklim dan pandemi COVID-19, para miliarder justru menghambur-menghamburkan uang mereka dalam perjalanan ke tepian luar angkasa untuk bersenang-senang.

Kritik makin deras mengalir saat pendiri Amazon Jeff Bezos mengatakan kepada wartawan, usai dirinya sukses melakukan perjalanan wisata ke tepian antariksa pekan lalu, bahwa sudah banyak orang yang sudah membayar untuk antre wisata ke ruang angkasa.

Tetapi kritik tidak akan menghalangi Bezos dan orang tajir lainnya untuk terbang ke luar angkasa. Wisata luar angkasa sekarang menjadi kenyataan bagi orang-orang yang bisa membelinya dan itu akan berdampak bagi semua orang di Bumi.

Faktanya, semua tanda menunjukkan bahwa pasar untuk perjalanan ini sudah cukup besar sehingga akan terus terjadi.

Perusahaan penerbangan antariksa milik Jeff Bezos, Blue Origin, sudah mempunyai dua perjalanan lagi yang dijadwalkan akhir tahun ini.

virgin galactic

Sementara Virgin Galactic, perusahaan antariksa yang didirikan oleh miliarder Richard Branson, mempunyai setidaknya 600 orang yang masing-masing telah membayar sekitar Rp3,6 miliar untuk tiket naik pesawat luar angkasanya.

Hanya melewati batas antara luar angkasa dan Bumi, penumpang dapat melihat sekilas planet kita yang disandingkan dengan ruang angkasa yang tidak diketahui.

Bila seorang penumpang naik penerbangan Virgin Galactic, mereka akan melesat naik sekitar 85 km di atas permukaan laut.

Penunggang Blue Origin akan naik sedikit lebih tinggi, sekitar 99 km di atas permukaan laut dan melewati garis K rm n, batas yang diakui secara internasional antara Bumi dan luar angkasa. Secara keseluruhan, pengalaman di kedua penerbangan cukup mirip.

Pemandangannya dimaksudkan untuk membuat kagum, dan pengalaman itu bahkan mempunyai namanya sendiri: Overview Effect, Efek Ikhtisar.

" Ketika Kamu melihat Bumi dari ketinggian itu, itu mengubah perspektif Kamu wacana banyak sekali hal dan bagaimana kita saling berhubungan dan bagaimana kita menyia-nyiakannya di Bumi ini," kata Wendy Whitman Cobb, seorang profesor di Sekolah Tinggi Udara dan Luar Angkasa Angkatan Udara AS Studi, dikutip dari Vox.com pada Senin.

Keuntungan lain dari perjalanan ini ialah wisatawan luar angkasa akan merasakan beberapa menit gaya berat mikro, yaitu saat gravitasi terasa sangat lemah. Itu akan memberi mereka kesempatan untuk memantul di sekitar pesawat ruang angkasa tanpa bobot sebelum kembali ke Bumi.

Tetapi penerbangan Blue Origin dan Virgin Galactic relatif singkat masing-masing hanya terbang sekitar 10 dan 90 menit.

Penerbangan wisata luar angkasa lainnya dari SpaceX, perusahaan luar angkasa yang didirikan oleh Elon Musk, akan menunjukkan lebih banyak hal.

Musim gugur ini, miliarder Jared Isaacman, yang mendirikan perusahaan Shift4 Payments, akan menjadi pilot penerbangan sipil pertama SpaceX, Inspiration4, yang akan menghabiskan beberapa hari di orbit di sekitar Bumi. Di tahun-tahun mendatang, perusahaan juga telah merencanakan misi pribadi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta perjalanan keliling bulan.

Perjalanan antariksa dimaksudkan untuk dinikmati oleh para kutu buku luar angkasa yang mendambakan menjadi astronot. Tapi ada alasan lain orang kaya ingin pergi ke luar angkasa: menunjukkan eksklusivitas dan konsumsi yang mencolok.

Lebih dari beberapa orang bisa melakukan perjalanan ke Venesia atau Maladewa. Tapi berapa banyak orang yang cukup istimewa untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa?

"Cara pamer yang bagus akhir-akhir ini daripada memposting gambar di Instagram dari luar angkasa," kata Sridhar Tayur, seorang profesor usaha Carnegie Mellon, mengatakan kepada Recode.

Apakah ada tujuan sain dari pariwisata antariksa atau cuma pelesir?

Saat ini, penerbangan wisata antariksa dari Virgin Galactic dan Blue Origin baru mencapai ruang suborbital, artinya penerbangan masuk ke luar angkasa tetapi tidak memasuki orbit di sekitar Bumi. Secara ilmiah, itu bukan batas baru.

Seperti dilansir dari Antara, meskipun penerbangan saat ini memakai teknologi baru, penerbangan suborbital dengan manusia sudah pernah dilakukan oleh NASA pada awal 1960-an, Matthew Hersch, seorang sejarawan teknologi di Harvard, mengatakan kepada Recode.

Saat ini, tidak jelas apakah perjalanan ini akan memberikan wawasan baru yang besar kepada para ilmuwan, tetapi mereka mungkin memberikan berita yang dapat digunakan di masa depan untuk eksplorasi ruang angkasa.

(DRM)

Comments