Parah 'Sih' Warga Ukraina Tolak Teman Sebangsa Dievakuasi dari China

Internasional

News / Internasional

Parah 'Sih'  Warga Ukraina Tolak Teman Sebangsa Dievakuasi dari China

Parah 'Sih' Warga Ukraina Tolak Teman Sebangsa Dievakuasi dari China

KEPONEWS.COM - Parah 'Sih' Warga Ukraina Tolak Teman Sebangsa Dievakuasi dari China Belasan pendemo di Ukraina menyerang bus yang membawa warga Ukraina yang dievakuasi dari China yang kini menghadapi wabah virus Corona. Para pengungsi dibawa ke rumah sakit di Novi Sanzhary, di tengah...

Belasan pendemo di Ukraina menyerang bus yang membawa warga Ukraina yang dievakuasi dari China yang kini menghadapi wabah virus Corona.

Para pengungsi dibawa ke rumah sakit di Novi Sanzhary, di tengah wilayah Poltava, tempat mereka akan dikarantina selama 14 hari.

Banyak warga yang khawatir virus mematikan itu akan menyebar ke kota yang mempunyai populasi sekitar 10.000 orang tersebut.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta warganya untuk menunjukkan solidaritas, dan mengingatkan bahwa "kita semua manusia".

Sehari sebelumnya, 45 orang warga negara Ukraina dan 27 orang warga negara lainnya diterbangkan dari Wuhan di China, yang menjadi pusat penyebaran virus, ke Kharkiv di Ukraina timur.

Mereka kemudian dibawa memakai bus ke rumah sakit di Novi Sanzhary, di mana mereka disambut oleh api unggun dan lemparan batu dari para pendemo.


Petugas polisi mengamankan akses jalan bagi bus yang membawa para warga yang akan dikarantina di rumah sakit - Reuters


Belasan penduduk lokal memprotes kedatangan para warga yang dievakuasi - Reuters

Menteri Kesehatan Ukraina mengatakan tidak ada penumpang yang sakit di bus itu.

Sementara, pejabat misi diplomasi Ukraina menambahkan tiga warga negara Ukraina dan seorang warga Kazakhstan hingga kini masih berada di China karena mereka dilaporkan tejangkit demam.

KRI Dr Soeharso.

Ini Fasilitas KRI Dr Soeharso, Kapal Penjemput 74 WNI Diamond Princess

- Getty Images

Virus Corona Pukul Industri Penerbangan Dunia, Rugi Rp415 Triliun

Kapal pesiar milik Diamond Princess yang dikarantina di Jepang.

Kapal Diamond Princess Jadi Pusat Penyebaran Baru Virus Corona

Evakuasi WNI di Wuhan Terkait Penyebaran Virus Corona.

Satgas Antar-Kemenkes ASEAN-China soal Virus Corona, Apa Pentingnya

Korban Virus Corona di China.

Korsel Jadi Negara dengan Kasus Corona Terbanyak di Luar China

Kemungkinan besar kru kapal pesiar Diamond Princess akan dievakuasi lewat jalur laut dengan menggunakan kapal milik TNI.

WNI Kru Diamond Princess Kecewa karena Dievakuasi Pakai Kapal

Perdana Menteri Oleksiy Honcharuk, Menteri Kesehatan Zoriana Skaletska dan Menteri Dalam Negeri Arsen Avakov mendatangi kota itu untuk meredam ketegangan.


Perdana Menteri Oleksiy Honcharuk, Menteri Kesehatan Zoriana Skaletska dan Menteri Dalam Negeri Arsen Avakov mendatangi kota itu untuk meredam ketegangan - Reuters

Dalam sebuah rekaman video yang dirilis media lokal, Avakov berkata kepada para pendemo: "Kita tidak berbicara perihal orang-orang yang sudah terinfeksi, tapi kita berbicara wacana orang-orang yang sehat."

Salah satu pendemo membalas: "Sejauh ini."

Dalam sebuah pernyataan, Presiden Zelensky meminta warganya untuk menunjukkan belas kasih dan berhenti berdemo.

"Kebanyakan dari para penumpang ialah orang-orang berusia di bawah 30 tahun. Mereka merupakan anak-anak bagi sebagian dari kita," ujarnya.

"Namun ada bahaya lain yang ingin saya utarakan. Bahaya dari melupakan bahwa kita semua ialah manusia dan kita semua merupakan warga Ukraina. Masing-masing dari kita - termasuk mereka yang berada du Wuhan ketika wabah terjadi."

Hingga kini, lebih dari 76.000 kasus wabah virus bernama Covid-19 telah dilaporkan, dan 2.224 orang dilaporkan meninggal karena terjangkit virus tersebut.

Comments