Para Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2018 Jadi 10 Destinasi Bali Baru?

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Para Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2018 Jadi 10 Destinasi Bali Baru?

Para Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2018 Jadi 10 Destinasi Bali Baru?

KEPONEWS.COM - Para Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2018 Jadi 10 Destinasi Bali Baru? SEPERTI yang sudah diketahui, semalam Kamis 22 November 2018, gelaran acara penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018, yang tahun ini memasuki tahun ketiga baru saja usai digelar. Pada penyelenggaraa...

SEPERTI yang sudah diketahui, semalam Kamis 22 November 2018, gelaran acara penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2018, yang tahun ini memasuki tahun ketiga baru saja usai digelar.

Pada penyelenggaraan tahun ini, ternyata sebagian besar juara didominasi oleh pariwisata dari sekitar pulau Sumatera. Salah satu contohnya, dari 18 kategori yang ada, tujuh diantaranya diraih oleh Provinsi Sumatera Selatan. Mulai dari kategori Wisata Halal, Promosi Pariwisata Digital Terpopuler, Kampung Tata cara Terpopuler, dan lain-lain.

Maka tak mengherankan, pada akhirnya Provinsi yang mempunyai Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi ini di penghujung acara berhasil menyabet gelar sebagai Juara Umum. Sedangkan untuk kategori Juara Favorit, berhasil diraih oleh Kampung Terih Kota Batam.

Namun, walaupun di tahun ini Pulau Sumatera bisa dibilang mendominasi perolehan juara. pada tahun ini pula bermunculan juara-juara pariwisata baru dari wilayah-wilayah yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara. Sebut saja seperti Bengkulu, Lampung, Sulawesi Tengah, bahkan dari Tanah Papua.

Berhasil menjadi juara dari begitu banyak destinasi wisata yang ada di Nusantara, tentunya merupakan prestasi dan pencapaian tersendiri bagi masing-masing kota dan daerah Provinsi. Lalu apakah kemudian, daerah yang berhasil menjadi juara ini otomatis akan dipertimbangkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia untuk masuk ke daftar destinasi 10 Bali Baru? Menurut Masruroh, selaku Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional 1 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Kalau destinasi 10 Bali Baru sih kan ada kriterianya sendiri. Akan tetapi memang kebanyakan dari para juara ini memang sudah masuk sih. Contohnya seperti Batam, yang sudah menyumbang sekira 20 persen, juga ada Toba dan banyak lagi yang lainnya, ungkap Masruroh, saat ditemui Okezone, belum lama ini.

API

Dalam kesempatan yang sama, di sisi lain Masruroh juga mengemukakan bahwa pemerintah pusat sendiri, dalam hal ini Kemenpar sebagai pihak yang menyokong penuh gelaran Anugerah Pesona Indonesia 2018 semalam menilai acara ini bisa jadi jembatan untuk masyarakat bisa lebih mengeksplor lebih luas lagi potensi wisata Nusantara.

Misalnya Provinsi Sumatera Selatan, yang memang sudah dikenal sebagai salah satu spot tourism. Akan tetapi ternyata ada sisi lain, kayak di sektor budayanya itu ternyata populer, tandas Masruroh.

Nah, kalau Kamu penasaran daerah mana saja sih yang berhasil menyabet juara semalam? Berikut daftar lengkap juara dari 18 Kategori yang dilombakan.

1. Makanan Tradisional Populer : Sop Tekkalo dari Kabupaten Penajam Paser Utara.

2. Minuman Tradisional Terpopuler : Air Mata Pengantin dari Kabupaten Indragiri Hulu.

3. Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler :Paralayang Gunung Panten, Kabupaten Majalengka.

4. Wisata Air Terpopuler: Diving Pulau Weh, Kota Sabang.

5. Ekowisata Terpopuler : Cendrawasih Nimbokrang dari Kabupaten Jayapura.

6. Dataran Tinggi Terpopuler : Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan.

7. Cindera Mata Terpopuler : Tanjak dari Provinsi Riau.

8. Atraksi Budaya Terpopuler : Tari Angguk, Kabupaten Kulon Progo.

9. Kampung Istiadat Terpopuler : Kampung Al Munawar, Kota Palembang.

10. Situs Sejarah Terpopuler : Rumah Gadang Panjang, Kabupaten Solok Selatan.

11. Wisata Halal Terpopuler : Al Quran Al Akbar, Kota Palembang.

12. Festival Pariwisata Terpopuler : Festival Perang Air, Kabupaten Kepulauan Meranti.

13. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler : explorejambi.com dari Provinsi Jambi.

14. Wisata Kreatif Terpopuler : Pelancu, Kabupaten Lahat.

15. Wisata Belanja Terpopuler : Tomok, Kabupaten Samosir.

16. Objek Wisata Unik Terpopuler : Meti Kei, Kabupaten Maluku Tenggara.

17. Tujuan Wisata Baru Terpopuler : Kampung Terih, Kota Batam.

18. Surga Tersembunyi Terpopuler : Kellaba Madja, Kabupaten Sabu Raijua.

(hel)

Comments