Para orang suci transgender dalam prosesi Hindu di India

Internasional

News / Internasional

Para orang suci transgender dalam prosesi Hindu di India

Para orang suci transgender dalam prosesi Hindu di India

KEPONEWS.COM - Para orang suci transgender dalam prosesi Hindu di India Kota Allahabad di India Utara menjadi saksidari prosesi bersejarah yang dipimpin oleh sekelompok umat Hindu transgender pada Minggu (6/1). Berikut ini ialah laporan jurnalis foto Ankit Srinivas. Ribua...


Kota Allahabad di India Utara menjadi saksidari prosesi bersejarah yang dipimpin oleh sekelompok umat Hindu transgender pada Minggu (6/1). Berikut ini ialah laporan jurnalis foto Ankit Srinivas.

Ribuan orang memadati jalan-jalan di kota Allahabad untuk mendapat berkah dari sadhu (orang suci) transgender, menjelang festival Kumbh Mela, yang akan berlangsung di kota itu dari tanggal 15 Januari hingga 4 Maret.

Ini ialah salah satu acara umat Hindu yang paling suci dan disebut sebagai pertemuan keagamaan terbesar di dunia.

Upacara ini diadakan setiap tahun dan sudah berlangsung selama berabad-abad. Empat kota berbeda di bagian utara yang berada di sepanjang tepi sungai suci, bergiliran menjadi tuan rumah.

Orang-orang Hindu percaya bahwa berenang di sungai-sungai dalam ritual Kumbh akan menghapus dosa-dosa mereka dan membantu mereka mencapai keselamatan. Jadi, puluhan juta orang berkumpul di festival untuk melakukan hal itu.

Pada hari-hari menjelang ritual Kumbh, masing-masing dari 13 Akharas atau jemaat Hindu memulai prosesi untuk menandai kedatangan mereka di festival itu.

Prosesi ini sangat dinanti banyak orang, mereka berbaris untuk melihat laki-laki dan perempuan suci bertengger di atas kendaraan hias.

KumbhBBC Para jemaat memakai kereta untuk tiba di Kumbh.

Prosesi hari Minggu itu berbeda. Seperti biasa acara pawai itu dipenuhi keriuhan - kendaraan hias, band musik, unta-unta dan kuda-kuda - namun yang menarik ialah sadhu, yang kesemuanya ialah transgender.

Berdasarkan perkiraan, di India terdapat sekitar dua juta transgender. Namun, baru pada tahun 2014 Mahkamah Agung mengakui mereka sebagai jenis kelamin ketiga dalam sebuah keputusan bersejarah.

Kemudian pada tahun 2018 pengadilan memutuskan bahwa seks di kalangan gay bukan lagi tindak kejahatan. Putusan ini menghapus aturan era kolonial.

The Kumbh MelaBBC Massa yang datang ke ritual Kumbh Mela di kota Allahabad lebih banyak dibanding kota-kota lainnya.

Loading...

Comments