Para Ibu Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Anak Obesitas

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Para Ibu Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Anak Obesitas

Para Ibu Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Anak Obesitas

KEPONEWS.COM - Para Ibu Harus Tahu, Ini Cara Mencegah Anak Obesitas HINGGA saat ini masih banyak orangtua yang senang apabila melihat anaknya lebih gemuk dibandingkan anak lain. Sebagian besar menganggap anak mereka jadi tampak lucu dan menggemaskan. Padahal itu merup...

HINGGA saat ini masih banyak orangtua yang senang apabila melihat anaknya lebih gemuk dibandingkan anak lain. Sebagian besar menganggap anak mereka jadi tampak lucu dan menggemaskan. Padahal itu merupakan anggapan yang salah. Anak yang terlalu gemuk bisa jadi mengalami obesitas yang membawa dampak negatif terhadap kesehatannya.

Salah satu penyebab anak mengalami obesitas ialah pola makan yang buruk. Menurut dokter spesialis anak dan konselor laktasi, dr Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBLCC, anak obesitas biasanya mengonsumsi makanan dalam porsi besar dan gula berlebihan.

Konsumsi tinggi kalori itu tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang memadai sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dan kenaikan berat badan.

anak obesitas

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami obesitas?

Pastinya jumlah kalori yang dikonsumsi harus dikurangin, tapi bukan porsinya. Alasannya adalah anak sulit kalau sudah terbiasa makan banyak terus porsinya berkurang. Cara menyiasatinya merupakan mengganti jenis makanan menjadi lebih sehat dan bernutrisi, jelas dr Yovita saat ditemui Okezone dalam diskusi media Anak dan Remaja Sehat : Bebas Obesitas yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Pondok Indah Group, Kamis (18/7/2019), di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Dokter yang berpraktek di RS Pondok Indah itu mengatakan, meski pola makan diatur untuk cegah obesitas, tapi tetap harus mengonsumsi karbohidrat, protein, dan lemak untuk makan berat. Contohnya untuk karbohidrat bisa nasi atau kentang. Sedangkan untuk protein contohnya seperti ayam dan daging sapi. Konsumsi susu pada anak di atas 1 tahun juga cukup hanya 500 ml per hari.

Selanjutnya

Comments