Panglima TNI: Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Lancar

Nasional

News / Nasional

Panglima TNI: Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Lancar

Panglima TNI: Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Lancar

KEPONEWS.COM - Panglima TNI: Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Berjalan Lancar JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan proses pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan lancar. Ia menyatakan hal tersebut usai meninjau...
Loading...

JAKARTA - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan proses pengamanan pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berjalan lancar.

Ia menyatakan hal tersebut usai meninjau ke seluruh rute yang akan digunakan dalam acara tersebut termasuk Gedung DPR MPR, Pejompongan, dan titik lainnya.

Peninjauan tersebut juga dilakukan termasuk ke ring 1 di dalam ruang pelantikan Gedung DPR MPR, ring 2 di dalam Gedung DPR MPR, dan ring 3 di bagian luar Gedung DPR MPr RI.

"Saya menyatakan bahwa semua berjalan lancar dan keamanan terjaga untuk menyokong pelantikan presiden dan wakil presiden. Insha allah semua berjalan lancar dan aman," kata Hadi di Graha Jala Puspita, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10/2019).

Dalam upacara dan parade HUT ke-74 TNI, pesawat tanpa awak (drone) tempur Rainbow CH-4 milik TNI Angkatan Udara ikut tampil. Dalam upacara dan parade HUT ke-74 TNI, pesawat tanpa awak (drone) tempur Rainbow CH-4 milik TNI Angkatan Udara ikut tampil. (Dok/Wikipedia)

Selain itu, ia juga memeriksa Standard Operasional Procedure (SOP) ke seluruh satuan-satuan yang bertugas.

"Di lapangan pun selalu saya cek rule of engagement (ROE)-nya siapa berbuat apa dan bagaimana. ROE sangat penting dipahami oleh mereka. Dan mulai kemarin kita juga latihkan dari masing-masing satuan yang terlibat dalam pengamanan ini," kata Hadi.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 30 ribu personel gabungan TNI-Polri disiagakan untuk mengamankan acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Republik Indonesia di Gedung DPR MPR RI Jakarta Pusat pada Kamis (17/10/2019).

Pengamanan tersebut dibagi ke dalam tiga wilayah adalah ring 1, ring 2, dan ring 3.

Untuk ring 1, pasukan yang bertugas mengamankan ialah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Untuk ring 2, pasukan yang bertugas mengamankan merupakan personel TNI.

Comments