Pandemi Corona Meluas: Hino Tutup Sementara Pabrik di Indonesia, Staf Dipulangkan ke Jepang

Otomotif

News / Otomotif

Pandemi Corona Meluas: Hino Tutup Sementara Pabrik di Indonesia, Staf Dipulangkan ke Jepang

Pandemi Corona Meluas: Hino Tutup Sementara Pabrik di Indonesia, Staf Dipulangkan ke Jepang

KEPONEWS.COM - Pandemi Corona Meluas: Hino Tutup Sementara Pabrik di Indonesia, Staf Dipulangkan ke Jepang JAKARTA - Meluasnya wabah pandemi virus corona di Indonesia benar-benar memukul industri otomotif. Di sektor manufaktur mereka, sudah banyak brand yang memutuskan stop produksi sementara seperti Yamah...

JAKARTA - Meluasnya wabah pandemi virus corona di Indonesia benar-benar memukul industri otomotif. Di sektor manufaktur mereka, sudah banyak brand yang memutuskan stop produksi sementara seperti Yamaha, Suzuki dan beberapa brand otomotif lainnya.

Hal serupa kini juga dilakukan Hino Indonesia. Hino memutuskan penutupan sementara pabrik perakitan truk dan busnya di Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, yang selama ini dikelola PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI).

Dalam keterangan pers tertulisnya kepada Tribunnews hari ini, Kamis, 9 April 2020, Presiden Direktur HMMI, Masahiro Aso mengatakan, meluasnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia telah menyebabkan melambatnya pasar kendaraan truk dan bus di Indonesia.

Beberapa rantai pasokan komponen impor dari luar negara juga mengalami gangguan.

"Kami mengambil langkah rencana strategis secara kongkrit, adalah Hino akan menghentikan kegiatan produksi untuk sementara waktu dari tanggal 13 hingga 24 April 2020," ujarnya.

Waduh, Foto-foto Nissan X-Trail Generasi Keempat Bocor Lewat Dokumen Hak Cipta

Menurutnya, langkah ini sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan yang tengah dilakukan, dan tetap melakukan tindakan yang terbaik untuk memberikan rasa aman dan lingkungan yang sehat untuk semua stakeholder.

Perempuan Ini Jadi Pemilk Pertama Mobil MG ZS di Indonesia

Dia mengatakan, aktivitas lain yang tidak terkait dengan produksi tetap berlangsung sesuai keperluan dan terbatas, social distancing dan bekerja dari rumah (work from home) juga telah dijalankan.

Teknologi Mesin Turbocharged Bikin Glory 560 Lebih Lincah dan Efisien untuk Mobilitas Perkotaan

Sementara itu, sumber Tribunnews menyatakan, Hino Indonesia juga sudah memulangkan sejumlah staf perusahaannya yang berkewarganeraan Jepang kembali ke negaranya untuk sementara waktu.

"Yang orang Jepang, sekarang tinggal BOD yang masih stay di Indonesia," ujar sumber tersebut.

Unit Stok Aman

Aso mengatakan, meski ada penutupan sementara aktivitas pabrik, unit stok untuk dijual di Indonesia saat ini masih tersedia. "Untuk penjualan di Indonesia dapat kami pastikan tetap aman, kata dia.

Dia menambahkan, rencana penghentian produksi untuk sementara ini telah diinformasikan ke semua pihak terkait.

Truk Hino Dutro yang selesai dirakit Truk Hino Dutro yang selesai dirakit diparkir di stockyard pabrik PT Hino Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) di Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat.

Terkait penjualan dan layanan purna Jual servis Hino, minggu lalu PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) telah mengeluarkan pesan bahwa semua usaha operasional Hino Indonesia (HMSI dan dealer) tidak terdampak.

"Kami terus memantau perkembangan situasi dan melakukan penyesuaian agar layanan kepada konsumen tetap dapat diberikan. Kami tidak berharap adanya gangguan dari pelayanan yang dapat kami berikan untuk kamu yang dikarenakan virus Covid-19 ini, kata Presiden Direktur HMSI, Masato Uchida.

Comments