Pandemi corona, kampus di Jepang gelar wisuda online pakai robot

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Pandemi corona, kampus di Jepang gelar wisuda online pakai robot

Pandemi corona, kampus di Jepang gelar wisuda online pakai robot

KEPONEWS.COM - Pandemi corona, kampus di Jepang gelar wisuda online pakai robot Masa kuliah tentunya menjadi masa yang nggak bisa terlupakan begitu saja. Berkecimpung dengan tugas-tugas serta skripsi yang penuh usaha, dan bertemu dengan dosen yang unik menjadi kenangan yang tak b...

Masa kuliah tentunya menjadi masa yang nggak bisa terlupakan begitu saja. Berkecimpung dengan tugas-tugas serta skripsi yang penuh usaha, dan bertemu dengan dosen yang unik menjadi kenangan yang tak bisa terlupakan.

Selain itu, momen yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa ialah wisuda. Setiap mahasiswa pasti bakal menjalani yang namanya prosesi wisuda. Ya, wisuda ini merupakan sebuah acara yang digelar sebagai selebrasi kelulusan dari bangku kuliah.

Dalam acara tersebut mahasiswa akan dipanggil maju satu persatu ke depan dan bersalaman dengan rektor untuk mendapat kalung medali dan ijazah sebagai tanda kelulusan. Tentu saja, upacara wisuda yang diselenggarakan kampus dilangsungkan secara formal dan khidmat.

Pada momen wisuda ini, biasanya para mahasiswa bakal menunjukkan penampilan yang maksimal. Biasanya mereka bakal mengenakan setelan busana terbaik mereka. Tetapi di tengah pandemi corona, kampus di Jepang mengadakan acara wisuda dengan cara berbeda. Demi mencegah penyebaran dan penularan corona pihak kampus melakukan wisuda secara online memakai robot.

wisuda online pakai robot © 2020 bbt.ac

foto: bbt.ac

Dilansir dari mothership.sg, pada Sabtu (4/4), kampus di Tokyo, Jepang bernama Business Breakthrough University (BBT University) menggelar acara wisuda secara online dengan robot sebagai perwakilan wisudawan di Hotel Grand Palace, pada Sabtu (28/3) lalu.

Dengan situasi Covid-19, para lulusan tidak dapat menghadiri upacara secara langsung. Pihak kampus pun menemukan cara untuk melakukan wisuda secara aman di tengah pandemi.

wisuda online pakai robot © 2020 bbt.ac

foto: bbt.ac

Diketahui pihak kampus memakai robot bernama "newme" yang dikembangkan oleh ANA Holdings. Robot ini mempunyai layar tampilan yang menunjukkan wajah dan lengan untuk mendapatkan sertifikat atas nama lulusan. Uniknya robot ini juga mengenakan atribut baju wisuda pada umumnya.

Dalam wisuda itu ada empat lulusan dari dua jurusan mengoperasikan robot "newme" dari jarak jauh. Ada empat wisudawan yang mendapatkan sertifikat mereka atas nama kelompok lulusan. Tampak muncul juga para perwakilan dari pihak kampus. Seperti acara wisuda pada umumnya rangkaian acara pun lengkap diisi dengan pidato dari Rektor. Tak hanya itu wisuda ini juga dipandu oleh pembawa acara serta ada prosesi foto bersama.

wisuda online pakai robot © 2020 bbt.ac

foto: bbt.ac

Meski demikian para wisudawan yang lainnya, tetap dapat berpartisipasi dan mengikuti berlangsungnya acara melalui video conference di software ZOOM. Mereka dapat mengirim komentar secara real-time dan mengekspresikan perasaan di upacara tersebut.

Recommended By Editor

Comments