Pameran Bus Klasik JIExpo Hadirkan Legenda Transportasi Indonesia

Otomotif

News / Otomotif

Pameran Bus Klasik JIExpo Hadirkan Legenda Transportasi Indonesia

Pameran Bus Klasik JIExpo Hadirkan Legenda Transportasi Indonesia

KEPONEWS.COM - Pameran Bus Klasik JIExpo Hadirkan Legenda Transportasi Indonesia JAKARTA - Sejumlah kendaraan niaga untuk angkutan penumpang akan tampil di pameran bus klasik Indonesia Classic N Unique Bus 2019 yang merupakan rangkaian dari pameran dunia transportasi Busworld 2019...

JAKARTA - Sejumlah kendaraan niaga untuk angkutan penumpang akan tampil di pameran bus klasik Indonesia Classic N Unique Bus 2019 yang merupakan rangkaian dari pameran dunia transportasi Busworld 2019 yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada 20-22 Maret 2019.

Moda transportasi darat dari masa lalu yang akan ditampilkan di ajang ini antara lain bemo roda 3, taksi dan sejumlah bus tua serta minibus legendaris yang pernah melayani transportasi di pedesaan di erta 1970an sampai 1980-an, Mitsubishi Colt T120.

Koordinator Indonesia Classic N Unique Bus 2019, AM Fikri dalam keterangan pers tertulis menyatakan, semenjak tahun 2017 pamerannya mempunyai misi untuk mendekatkan masyarakat dengan transportasi umum melalui sejarah masa lalu.

"Kegiatan ini ialah bagian dari edukasi masyarakat dan melestarikan sejarah transportasi di Indonesia. Khusus tahun ini, dipilih tema Legenda Transportasi Indonesia," sebutnya.

Bus Neoplan Bus Neoplan dengan suspensi udara rakitan karoseri Adi Putro, Malang, direncakan tampil di pameran bus klasik di JIExpo Kemayoran, Jakarta

Di pameran Busworld South East akan dihadirkan sesi diskusi oleh Busworld Academy mengangkat tema tren dan sistem transportasi masa depan.

Lalu, di Indonesia Classic N Unique Bus ditampilkan jejak sejarah bahwa masyarakat Indonesia sudah dekat dengan transportasi publik semenjak lama.

Rintis Pasar di Segmen Light Duty Truck, Kuzer Tidak Akan Bersaing Head On dengan Colt Diesel

Belakangan ada kecenderungan masyarakat, seperti di Jakarta mengeluhkan kemacetan tetapi enggan melirik transportasi umum. Ironisnya tahun 1960 sistem transportasi publik di Indonesia sudah mulai dibangun. Di beberapa negara maju orang sangat dekat dengan transportasi umum seharusnya kita juga membangun budaya seperti itu, ujarnya.

Bemo_2 Bemo, angkutan penumpang roda 3, juga akan tampil di pameran bus klasik di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, 20-23 Maret 2019.

Secara keseluruhan, pameran bus klasik menampilkan 19 kendaraan lama seperti truk ringan Chevrolet lansiran tahun 1927 yang dibuat di General Motors di Tanjung Priok.

Ada juga bus klasik Mercedes-Benz OH 1113 bermesin belakang, dan bus Neoplan yang sudah mengadopsi suspensi udara dengan rangka integral atau monokok buatan karoseri Adi Putro, Malang.

Mitsubishi Colt T120 Mitsubishi Colt T120 juga akan tampil di pameran bus klasik di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, 20-23 Maret 2019.

Akan tampil pula 2 unit bus milik PO Sumber Alam adalah Mitsubishi MR 400 dan Dogde 500. Bus Dodge akan digunakan untuk berkeliling areal parkir JIEXPO Kemayoran dan bisa digunakan untuk berpindah dari pameran Indonesia Classic N Unique Bus 2019 ke Busworld South East Asia.

Tampil pula 2 unit bus PPD buatan tahun 1971, adalah Mercedes-Benz OF 1113 Superior Coach dan bus ex KTT Non Blok 1991. Tak ketinggalan bus kayu Pownis dengan platform Mitsubishi Colt 100PS yang kini dilestarikan oleh PT Timah Tbk.

Comments