Paling Terkenal di Dunia, Ini Deretan Misteri Lukisan Mona Lisa

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Paling Terkenal di Dunia, Ini Deretan Misteri Lukisan Mona Lisa

Paling Terkenal di Dunia, Ini Deretan Misteri Lukisan Mona Lisa

KEPONEWS.COM - Paling Terkenal di Dunia, Ini Deretan Misteri Lukisan Mona Lisa Mona Lisa. (pixabay/Free-Photos) Suka lukisan atau tidak, kamu pasti kenal betul dengan lukisan Mona Lisa. Karya Leonardo Da Vinci ini terkenal sebagai lukisan paling populer di dunia dan menyimpan b...

Mona Lisa. (pixabay/Free-Photos)

Suka lukisan atau tidak, kamu pasti kenal betul dengan lukisan Mona Lisa. Karya Leonardo Da Vinci ini terkenal sebagai lukisan paling populer di dunia dan menyimpan banyak misteri. Untuk kamu, tim HiTekno mencoba untuk mengumpulkan deretan misteri bersama lukisan ini.

Lukisan yang dibuat pada abad ke-16 ini menampilkan potret setengah badan dari seorang wanita yang diberi nama Mona Lisa. Lukisan Mona Lisa ini kini terpajang di Museum The Louvre, Paris, Prancis.

Indah dan begitu populer, rupanya banyak misteri ikut bersama lukisan terkenal ini. Hingga kini bahkan misteri tersebut masih menjadi perbincangan banyak orang.

Melihat sejarahnya, Leonardo Da Vinci dipercaya melukis Mona Lisa antara tahun 1503 hingga 1506. Hingga pada tahun 1516, Leonardo Da Vinci yang diundang oleh Raja Fran ois I untuk bekerja di Clos Luc . Di sanalah dirinya melanjutkan pembuatan lukisan ini.

Misteri pertama dari lukisan ini ialah mengenai sosok wanita dalam lukisan tersebut. Banyak yang percaya bahwa dirinya ialah Lisa Gherardini yang merupakan istri Francesco del Giocondo, seorang pengusaha kain sutra yang sangat kaya di Kota Florence, Italia.

Mona Lisa. (pixabay/WikImages)Mona Lisa. (pixabay/WikImages)

Selain ada yang percaya bahwa sosok tersebut merupakan Lisa Gherardini, ada juga yang percaya bila sosok tersebut merupakan Leonardo Da Vinci saat masih muda. Kabar lain menyebutkan bahwa sosok di lukisan itu merupakan ibu dari Leonardo Da Vinci.

Misteri kedua, rupanya banyak perdebatan mengenai jenis kelamin Mona Lisa. Dari lukisan tersebut, Mona Lisa memang ialah seorang wanita. Namun, pendapat kontroversial datang dari sejarawan bernama Silvano Vinceti.

Dirinya menyebutkan bahwa sosok Mona Lisa merupakan kekasih pria Leonardo Da Vinci yang bernama Gian Giacomo Caprotti. Sayangnya, hal ini tinggal menjadi misteri tanpa penjelasan hingga saat ini.

Selanjutnya, misteri mengenai senyuman Mona Lisa. Bila kamu perhatikan dengan sekilas, sosok Mona Lisa terlihat seperti sedang tersenyum dengan mata sayu yang nampak sedih.

Mona Lisa. (pixabay/Skitterphotos)Mona Lisa. (pixabay/Skitterphotos)

Para ilmuwan lalu menyebutkan kalau senyuman Mona Lisa tersebut hanya merupakan ilusi optik. Sosok ini sebenarnya sedang tidak tersenyum. Bahkan beberapa orang berpendapat bahwa Mona Lisa sedang tersenyum dengan penuh ketakutan dan kemarahan.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of Amsterdam pada tahu 2005. Dengan memakai software komputer, senyuman Mona Lisa dideskripsikan menunjukan 83 persen perasaan bahagia, 9 persen lelah, 6 persen takut, 2 persen marah, dan kurang dari 1 persen netral, serta 0 persen terkejut.

Misteri berikutnya dari lukisan Mona Lisa merupakan mengenai alis dan bulu matanya. Melihat lukisan tersebut, Mona Lisa terlihat mempunyai alis yang sangat tipis dan tidak mempunyai bulu mata sama sekali. Hal ini lalu menimbulkan tanya, pasalnya pada zaman tersebut para pelukis sangat detil dalam membuat karyanya.

Hingga pada penelitian tahun 2007 yang dilakukan peneliti asal Prancis bernama Pascal Cotte, hal ini terjawab. Setelah memakai foto close up lukisan tersebut dengan kamera beresolusi tinggi.

Louvre. (pixabay/Martijn-0716)Louvre. (pixabay/Martijn-0716)

Hasilnya, di kiri bagian atas lukisan Mona Lisa terdapat sebuah bulu mata. Menurutnya, Da Vinci sebenarnya melukis bulu mata Mona Lisa, namun seiring berjalannya waktu, bagian itu memudar.

Terakhir, misteri di balik lukisan Mona Lisa merupakan mengenai pengamanan dengan biaya mahal. Lukisan Mona Lisa ini diketahui kini berada di Museum Louvre, Rive Droite, Seine, Prancis. Lukisan ini dijaga dengan pengamanan super mahal. Ruangan tempat lukisan Mona Lisa berada bahkan memakan biaya sekitar miliaran rupiah.

Banyak yang lalu berpendapat bahwa di balik nilai historisnya yang tinggi dan di balik kepopulerannya, lukisan Mona Lisa ini menyimpan 'sesuatu' yang sangat berharga dan sangat rahasia.

Itu tadi deretan misteri lukisan Mona Lisa yang hingga kini masih menjadi rahasia dan pertanyaan banyak orang. Menurutmu mana yang paling misterius?

Comments