Paling Mengganggu, Lakukan Hal Ini Saat Memori Smartphone Android Penuh

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Paling Mengganggu, Lakukan Hal Ini Saat Memori Smartphone Android Penuh

Paling Mengganggu, Lakukan Hal Ini Saat Memori Smartphone Android Penuh

KEPONEWS.COM - Paling Mengganggu, Lakukan Hal Ini Saat Memori Smartphone Android Penuh Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat) Pengguna smartphone saat ini tentu paling terganggu dengan masalah memori smartphone Android yang penuh. Kalau sudah begini, banyak sekali softw...

Ilustrasi smartphone Android. (unsplash/Rami Al-zayat)

Pengguna smartphone saat ini tentu paling terganggu dengan masalah memori smartphone Android yang penuh. Kalau sudah begini, banyak sekali software coba di uninstall demi mendapat ruang penyimpanan yang lebih lega.

Memori smartphone Android yang cepat penuh biasanya diakibatkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak software, banyak penyimpanan di galeri, atau bahkan cached.

Penyebab memori smartphone Android yang penuh dan sering tidak disadari merupakan cached data. Cached data merupakan berita jumlah data yang disimpan oleh software dan browser. Data ini biasanya tersimpan saat kamu mengakses beberapa fasilitas smartphone.

Pada browser, cached data biasanya berisi data yang tersimpan dan sewaktu-waktu akan dibutuhkan seandainya akan diakses ulang.

Cached data pada website biasanya berisi gambar, banner, logo dari website. Tujuannya sistem smartphone menyimpan hal ini merupakan agar website menjadi mudah diakses tanpa perangkat perlu bekerja keras untuk mengaksesnya kembali.

Ilustrasi smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)Ilustrasi smartphone. (Pixabay/TeroVesalainen)

Tidak buruk, cached data ini berisi data penting yang terkadang membantu software yang sedang aktif untuk mengaksesnya kembali dengan cepat.

Biasanya, cached data mempunyai masa kadaluarsa dan datanya dapat terhapus secara otomatis. Sayangnya, tidak ada yang tahu betul kapan sistem smartphone kamu akan membersihkan cached data ini.

Karena menyimpan jejak-jejak dari website yang kamu akses, wajar jikalau cached data ini memakan banyak kapasitas di memori smartphone Android kamu.

Untuk mengatasi memori smartphone Android yang tergoda habis oleh cached, berikut cara membersihkan cached data secara manual yang bisa kamu coba.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah masuk ke laman Settings dan pilih Apps, App Manager, atau Storage. Dalam laman tersebut, kamu akan menemukan deretan software.

Bersihkan cached data. (/Amelia Prisilia)Bersihkan cached data. (/Amelia Prisilia)

Langkah selanjutnya, kamu hanya perlu membuka software yang akan kamu bersihkan cached data-nya. Setelah terbuka, pilih pilihan Clear Cache. Untuk beberapa merek smartphone, pilihan Clear Cache akan langsung kamu temukan usai membukan Apps, App Manager, atau Storage.

Bersihkan cached data. (/Amelia Prisilia)Bersihkan cached data. (/Amelia Prisilia)

Secara otomatis, smartphone akan menghapus seluruh cached data yang tersimpan di smartphone. Bila sudah melakukan seluruh step, dapat dipastikan jikalau kapasitas memori internalmu akan langsung meningkat.

Cukup sederhana, itu tadi cara mengatasi memori smartphone Android yang cepat penuh dengan membersihkan cached data. Jangan lupa untuk dicoba ya.

Comments