Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Menjaga Perbatasan dengan Karantina

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Menjaga Perbatasan dengan Karantina

Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Menjaga Perbatasan dengan Karantina

KEPONEWS.COM - Pakar Kesehatan Jelaskan Pentingnya Menjaga Perbatasan dengan Karantina RUPANYA Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memaparkan publikasi terbaru yang dirilis jurnal Nature perihal pentingnya masyarakat untuk menjaga border atau perb...

RUPANYA Pakar Kesehatan sekaligus Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i memaparkan publikasi terbaru yang dirilis jurnal Nature perihal pentingnya masyarakat untuk menjaga border atau perbatasan negara.

Selain itu karantina pada pelaku perjalanan dari luar negeri juga sangat penting. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya varian baru Covid-19 dari luar negeri. Hal tersebut ia sampaikan melalui unggahan di akun Instagram pribadinya @dr.fajriaddai.

pentingnya karantina

"Jadi publikasi Ini menceritakan perihal kenapa sih Eropa pada awal tahun ini mengalami outbreak secara berurutan dan bergantian dari negara ke negara lainnya," terang dr. Fajri dalam penjelasannya.

Ia pun memaparkan bahwa terdapat dua penyebab utama mengapa outbreak terus berkembang dan menyerang beberapa wilayah negara di Eropa, di antaranya ialah:

1. Sistem kesehatan di negara tersebut surveilansnya hanya mendeteksi satu dari tiga kasus yang terjadi.

2. Penyebaran utama itu disebabkan oleh International Travel. Jadi karena perpindahan manusia ini turut membawa serta virus.

"Itulah kenapa kita harus turut memperkuat border ataupun perbatasan dan salah satunya dengan karantina, memperkuat testing dan sebagainya. Sehingga pengawasan harus lebih diperketat," lanjutnya.

Dokter Fajri mengimbau masyarakat tidak heran kalau satu kasus di suatu negara sudah turun dan tiba-tiba naik lagi. Atau bisa juga dengan kasus masuknya varian baru Covid-19 dan lain sebagainya.

"Ini karena perpindahan manusia. Jadi harapannya dengan memperkuat border kasusnya gak meledak lagi dan varian baru tidak muncul dan diimport dari luar," tuntasnya.

(DRM)

Comments