Pakar: Cacing Anisakis di Ikan Makarel Fenomena Alam

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Pakar: Cacing Anisakis di Ikan Makarel Fenomena Alam

Pakar: Cacing Anisakis di Ikan Makarel Fenomena Alam

KEPONEWS.COM - Pakar: Cacing Anisakis di Ikan Makarel Fenomena Alam JAKARTA - Pakar Standarisasi Mutu Produk Perikanan, Doktor Sunarya menerangkan cacing Anisakis yang ditemukan dalam produk ikan dalam kemasan kaleng berawal terjadi karena sikulus alamiah rantai makan...

JAKARTA - Pakar Standarisasi Mutu Produk Perikanan, Doktor Sunarya menerangkan cacing Anisakis yang ditemukan dalam produk ikan dalam kemasan kaleng berawal terjadi karena sikulus alamiah rantai makanan.

Sunarya mengatakan, cacing tersebut merupakan makanan utama bagi ikan-ikan kecil dan cumi-cumi.

Telur cacing ini menetas di air laut dan larvanya dimakan oleh krustasea.

"Krustasea yang terinfeksi lalu dimakan oleh ikan kecil atau cumi-cumi. Parasit cacing tersebut tidak lantas seluruhnyaa mati di dalam tubuh predator yang memakannya," ujar Sunarya di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu (31/3/2018).

Beberapa lolos dan bertahan hidup dengan cara masuk ke dalam dinding usus inang predator yang memakannya. Kemudian ikan-ikan kecil tersebut dimakan oleh mamalia laut seperti paus, anjing laut atau lumba-lumba.

"Sementara cacing yang berhasil lolos ini akan menyelesaikan siklus hidupnya di dalam tubuh inang tersebut dan juga berkembang biak sampai dengan bertelur," ujarnya.

Ini Asal-usul Cacing Anisakis pada Ikan Makarel Kaleng

Setelah menyantap ikan-ikan kecil dan cumi-cumi tersebut, kemudian mamalia laut itu memasuki fase proses pencernaan akhir dengan mengeluarkan fases atau tinja dari usus.

Namun tidak seluruh santapan yang masuk ke usus berhasil dicerna dengan baik oleh enzim pencernaan mamalia.

"Cacing berukuran kecil diameter 0.24 milimeter dengan panjang 3 milimeter. Sehingga banyak cacing Anisakis lolos hidup dan keluar bersamaan dengan fases mamalia laut berupa larva-larva atau telur," ujarnya.

Pakar: Cacing Anisakis di Ikan Makarel Fenomena Alam

Comments